Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bayar Menggunakan QRIS BRImo di Singapura

Kompas.com - 24/11/2023, 11:44 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Rakyat Indonesia (BRI) memperluas layanan pembayaran lintas negara (cross-border) dengan memanfaatkan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) di Singapura melalui Super App BRImo.

QRIS cross-border merupakan mekanisme pembelian atau pembayaran di merchant secara lintas negara menggunakan skema QR Code.

Dengan layanan ini, nasabah BRI pengguna BRImo yang akan pergi Singapura tidak perlu repot menukar rupiah dengan dollar Singapura.

Baca juga: Peluang dan Tantangan Koperasi Multi Pihak Sektor Pertanian

Cukup scan SQQR (Singapore Quick Rensponse Code) di merchant saat bertransaksi, masukkan nominalnya, dan nilai transaksi akan langsung terkonversi ke dollar Singapura.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto menjelaskan, layanan QRIS cross-border menjadi wujud komitmen BRI dalam menghadirkan solusi perbankan yang adaptif terhadap kebutuhan global para nasabah.

“Kami dengan bangga mempersembahkan layanan QRIS cross-border melalui BRImo yang memungkinkan nasabah untuk leluasa bertransaksi di luar negeri. Tidak perlu membawa banyak uang tunai dan menukarkan uang rupiah ke dollar Singapura, cukup pakai BRImo untuk transaksi di beragam merchant sehingga travelling menjadi aman dan nyaman,” ungkap Andrijanto.

Baca juga: Aturan Baru OJK, Jumlah Utang Pinjol Disesuaikan dengan Gaji Peminjam

Pada tahap awal, QRIS cross-border di Super App BRImo dapat digunakan bertransaksi di Singapura. Tak hanya mudah, BRI juga memberikan nilai tukar yang kompetitif untuk konversi dari rupiah ke dollar Singapura.

Transformasi perbankan digital memungkinkan layanan ini diakses oleh nasabah melalui smartphone. Selain tidak repot menukar uang, nasabah BRI juga tidak perlu membawa banyak uang tunai saat traveling ke Singapura.

Cara bayar menggunakan QRIS BRImo di Singapura

Dilansir dari laman resminya, berikut langkah-langkah atau cara melakukan pembayaran menggunakan QRIS BRImo di Singapura:

  • Login ke aplikasi BRImo
  • Klik fitur QRIS
  • Scan / pindai QR di merchant Singapura
  • Konfirmasi transaksi
  • Masukkan PIN BRImo
  • Tunggu hingga notifikasi transaksi berhasil

Baca juga: BI Proyeksikan Uang Beredar Bakal Meningkat hingga 8 Persen, Ini Sebabnya

Sebagai informasi, hingga Oktober 2023, aplikasi BRImo telah digunakan oleh lebih dari 30,4 juta pengguna dengan volume transaksi tumbuh 60,83 persen secara tahunan menjadi Rp 3.353 triliun.

Saat ini hingga 31 Desember 2023 BRI juga sedang menggelar BRImo FSTVL bagi pengguna setia BRImo. Nasabah dapat memperoleh reward dalam bentuk cashback untuk setiap transaksi pembayaran QRIS melalui BRImo dan transaksi penukaran poin menjadi voucher di BRIpoin.

Selain itu, nasabah dapat mengikuti Program Undian Berhadiah BRImo FSTVL. Program ini merupakan apresiasi kepada nasabah setia BRI dalam bentuk penukaran poin menjadi kupon undian berhadiah di BRIpoin atas berbagai aktivitas perbankan yang dilakukan selama periode program. Untuk informasi selengkapnya mengenai BRImo FSTVL nasabah dapat mengakses https://bri.co.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com