Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CIMB Niaga Raup Laba Rp 6,3 Triliun pada Kuartal III-2023

Kompas.com - 27/11/2023, 06:40 WIB
Erlangga Djumena

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) meraup laba sebelum pajak konsolidasi (unaudited) CIMB Niaga mencapai Rp 6,3 triliun, naik sebesar 25,8 persen year-on-year (Y-o-Y), pada kuartal III 2023.

Direktur Strategy, Finance & SPAPM CIMB Niaga Lee Kai Kwong menyatakan,
pencapaian kinerja keuangan tersebut ini mencerminkan sikap proaktif atas prinsip kehati-hatian dalam menjaga kualitas aset yang diterapkan berjalan efektif.

"Hal ini juga didukung oleh pendapatan operasional dan pengendalian biaya yang dikelola dengan baik, sehingga kami dapat mempertahankan double-digit return on equity (ROE) sebesar 15,4 persen pada 9 bulan pertama tahun 2323, naik dari 12,9 persen," sebut dia dalam Paparan Publik Tahunan 2023 secara elektronik, Jumat (25/11/2023)

Baca juga: Naik 12,8 Persen, BREN Raup Laba Bersih Rp 1,32 Triliun pada Kuartal III 2023

Adapu, Gross non-performing loan (NPL) CIMB membaik menjadi 2,4 persen dari 3,6 persen pada periode yang sama tahun lalu dan 2,5 persen pada kuartal sebelumnya.

"Di tengah kondisi yang terus berubah cepat, kami senantiasa memberikan profitabilitas dan imbal hasil modal yang menarik bagi para pemegang saham, sekaligus terus memperkuat rasio permodalan dan likuiditas,” kata Lee Kai Kwong.

Dia menyebutkan, pihaknya tetap menjadikan 5 Pilar Strategi CIMB Niaga, termasuk program transformasi digital di seluruh segmen bisnis sebagai prioritas strategis jangka panjang.

Bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia ini fokus pada peningkatan basis nasabah ritel dan pertumbuhan CASA melalui kapabilitas digital, perbaikan kualitas aset, kontribusi pendapatan non-bunga, serta inovasi perbankan digital dengan teknologi terkini dan pilihan layanan yang luas untuk nasabah

Per 30 September 2023, BNGA mempunyai rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio /CAR) 23,8 persen. Sedangkan loan to deposit ratio (LDR) sebesar 86,4 persen.

Sementara itu, total aset konsolidasian per 30 September 2023 adalah Rp 329,1 triliun (7,2 persen YoY).

Kemudian total Dana Pihak Ketiga (DPK) mencapai Rp 235,3 triliun dengan rasio current account and savings account (CASA) 66,7 persen.

Baca juga: Laba Bersih XL Tumbuh 4 Persen Menjadi Rp 1 Triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com