Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelebihan Pasokan Gas di Jatim Bakal Disalurkan ke Jabar Akhir Tahun Ini

Kompas.com - 27/11/2023, 22:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - SKK Migas Jawa-Bali-Nusa Tenggara (Jabanusa) berupaya untuk menyalurkan kelebihan pasokan (oversupply) gas di Jawa Timur ke Jawa Barat yang kekurangan pasokan gas.

Hal ini untuk meningkatkan penyerapan produksi gas yang yang potensi liftingnya mencapai 747 mmscfd, namun yang terserap baru 560 mmscfd. Artinya, lifting gas belum 100 persen terserap.

Kepala Perwakilan SKK Migas Jabanusa Nurwahidi mengatakan, namun penyaluran oversupply gas di Jawa Timur ke Jawa Barat terkendala oleh infrastruktur pipa yang belum tersambung. Sementara, pipa ini diperlukan untuk menyalurkan gas dari Jawa Timur ke Jawa Barat.

Penyaksian Pengaliran Gas Bumi dalam Pipa Gas Cisem oleh Dirjen Migas KESDM, Tutuka Ariadji, Jumat (17/11/2023)Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama KESDM RI Penyaksian Pengaliran Gas Bumi dalam Pipa Gas Cisem oleh Dirjen Migas KESDM, Tutuka Ariadji, Jumat (17/11/2023)

"Wilayah Jawa Barat itu kayaknya sekarang undersupply, kekurangan gas. Dan kebetulan memang untuk men-supply over dari Jawa Timur ke Jawa Barat, pipa yang ada belum tersambung sehingga belum bisa disupply ke jawa barat," ujarnya di Kawasan Industri Manyar Gresik, Jawa Timur, Senin (27/11/2023).

Baca juga: Forum Kapasitas Nasional SKK Migas Catat Kontrak Senilai Rp 20,2 Triliun

Dia menjelaskan, proses penyaluran gas kedua wilayah ini akan terealisasi apabila pipa gas Cirebon-Semarang (Cisem) tersambung akhir tahun ini.

Adapun pada 22 Agustus 2023 lalu pipa transmisi gas bumi Cisem Tahap 1 ruas Semarang-Batang rampung dikerjakan dan telah mengalir ke Kawasan Industri Kendal (KIK), Jawa Tengah untuk digunakan sekitar 40 industri.

"Insya Allah akhir tahun ini sampai Batang dan yang berikutnya akan dibangun sampai ke Cirebon, baru kita bisa mengalirkan potensi supply gas yang dari Jawa Timur, Jawa Tengah ke Jawa Barat," ucapnya.

Mengutip laman resmi Kementerian ESDM, diharapkan ke depannya pipa Cisem ini dapat tersambung lagi sampai ke Cirebon dan Kandang Haur Timur, dari Jawa Timur sampai ke Jawa Barat dan bahkan sampai ke Sumatera.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com