Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonom: Kenaikan Harga Pangan Paling Dirasakan Masyarakat Menengah ke Bawah

Kompas.com - 28/11/2023, 20:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Ekonom sekaligus Direktur Center of Economics and Law Studies (Celios), Bhima Yudhistira menilai, naiknya harga pangan hingga kenaikan rata-rata upah minimum provinsi (UMP) tak sampai 5 persen membuat potensi kalangan masyarakat menengah ke bawah tertekan.

"Tekanan paling dirasakan saat ini ke masyarakat kelompok 40 persen menengah dan 40 persen paling bawah," kata Bhima kepada Kontan.co.id, Selasa (28/11/2023).

Padahal, jika ditotal, gabungan kelas menengah dan bawah kata Bhima memiliki kontribusi sebesar 53,2 persen dari total konsumsi nasional.

Baca juga: Mengejar Target Nol Persen Kemiskinan Ekstrem di Tengah Kenaikan Harga Pangan

Salah satu pedagang sayur menjual cabai di Pasar Klojen, Kota Malang. KOMPAS.com/ Nugraha Perdana Salah satu pedagang sayur menjual cabai di Pasar Klojen, Kota Malang.

Maka, situasi dari tekanan sulitnya mencari lapangan kerja di sektor formal, kenaikan upah yang tidak seberapa dan inflasi pangan akan membuat kelas menengah bawah lakukan berbagai penyesuaian.

Ia menyebut, tahun 2024 konsumsi akan lebih difokuskan ke pemenuhan kebutuhan pokok sehingga mengurangi pembelian barang sekunder dan tersier.

"Bahkan sektor rekreasi yang booming pasca pandemi bisa jadi mulai melandai lagi pertumbuhannya karena ada tren berhemat," kata Bhima.

Selanjutnya, Bhima menjelaskan jika konsumsi melambat maka efeknya akan ke permintaan industri manufaktur.

Baca juga: Imbas Dollar AS Menguat, Chatib Basri: Pelemahan Rupiah Tak Sebesar Ringgit, RI Perlu Subsidi Harga Pangan

"Ini menjadi ancaman serius. Kondisi ekspor sedang tidak baik baik saja, China dan mitra dagang tradisional sedang alami pelemahan, sehingga tumpuan ekonomi Indonesia bisa 5 persen ada di domestik," imbuhnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com