Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Kebijakan Ketahanan Pangan Indonesia 2024, Tantangan dan Anggaran

Kompas.com - 30/11/2023, 13:59 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam, pemerintah Indonesia tengah fokus meningkatkan ketahanan pangan. Hal ini dibenarkan Kementeriuan Keuangan (Kemenkeu).

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (27/11/2023), Kemenkeu menerangkan, pemerintah telah merancang berbagai kebijakan dan strategi untuk mengatasi berbagai tantangan, menjaga kelancaran pasokan pangan, dan meningkatkan produksi domestik yang akan diterapkan pada 2024.

Salah satu rancangan itu adalah fokus pada peningkatan produksi domestik yang mencakup penyaluran sarana prasarana produksi, optimalisasi lahan pertanian, pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT), dan penanganan dampak perubahan iklim (DPI). 

Lalu, pemerintah juga melakukan penguatan riset dan kapasitas petani dan nelayan sebagai bagian integral dari strategi peningkatan produksi.

“Strategi tersebut menekankan pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan para petani maupun nelayan,” tulis Kemenkeu.

Baca juga: Peran Penting Ketersediaan Pupuk untuk Ketahanan Pangan Indonesia

Tidak hanya itu, pemerintah juga berupaya memperkuat kelembagaan petani dengan membentuk korporasi petani. Kehadiran korporasi diharapkan dapat memberikan daya tawar yang lebih baik bagi petani dalam akses ke pasar dan pembiayaan. 

Dukungan finansial juga menjadi fokus dengan pemberian subsidi dan bantuan langsung kepada petani untuk meningkatkan ketersediaan modal produksi.

“Perlindungan usaha tani melalui asuransi pertanian juga mendapat penekanan untuk mengurangi risiko finansial yang sering dihadapi petani,” tulis Kemenkeu.

Sementara itu, untuk percepatan pembangunan dan infrastruktur pangan diwujudkan melalui pengembangan kawasan food estate menjadi pusat produksi pangan berkelanjutan dengan infrastruktur terpadu. 

Kemenkeu menerangkan, penguatan cadangan pangan nasional juga menjadi prioritas pemerintah, Caranya adalah dengan meningkatkan kapasitas penyimpanan dan distribusi serta koordinasi yang lebih baik antara pemerintah dan sektor swasta. 

Baca juga: Generasi Muda Kunci Ketahanan Pangan, tapi Pemuda Berbondong-bondong Tinggalkan Pertanian

“Dengan demikian, kebijakan pembangunan bidang ketahanan pangan 2024 diharapkan dapat menciptakan fondasi yang kuat untuk mencapai ketahanan pangan yang berkelanjutan dan menyeluruh di Indonesia,” tulis Kemenkeu 

Menurut Kemenkeu, pemerintah Indonesia berharap, strategi dan langkah-langkah konkret itu dapat mencapai tujuan ketahanan pangan yang lebih tangguh pada 2024. 

Semua lapisan masyarakat, tulis Kemenkeu, diharapkan mendukung implementasi kebijakan tersebut guna menciptakan ketahanan pangan yang berkelanjutan dan menyeluruh di Tanah Air.

Tantangan dalam produksi pangan 

Kemenkeu menerangkan, meskipun Indonesia memiliki potensi besar dalam sektor pertanian, hasil produksi pangan belum mencapai puncaknya. Ini karena adanya beberapa adanya beberapa kendala yang menjadi hambatan utama.

Adapun hambatan utama itu terdiri dari keterbatasan sarana prasarana, alih fungsi lahan, keterbatasan sumber daya manusia (SDM), kerusakan infrastruktur, serta gangguan organisme OPT dan DPI. 

Baca juga: Dukung Ekonomi Sirkular, Kemenkeu Resmikan Program Pengelolaan Sampah

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com