Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HMSP Pasang 10.550 Panel Surya di Fasilitas Produksi di Pasuruan

Kompas.com - 06/12/2023, 18:46 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) meresmikan 10.550 panel surya yang dipasang di atas tanah (ground-mounted solar panel) di kawasan fasilitas produksinya di Pasuruan, Jawa Timur.

Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya Sampoerna untuk mencapai target netralitas karbon di fasilitas produksinya pada tahun 2025.

Panel surya tersebut terpasang di area seluas 7 hektar dengan kapasitas listrik sebesar 7 Megawatt peak (MWp) atau setara dengan daya yang dibutuhkan untuk mengaliri lebih dari 12.000 rumah sederhana. Inisiatif ini juga disertai dengan penanaman 999 pohon di area pabrik Sampoerna di Pasuruan.

Baca juga: Lakukan Efisiensi Energi, Plaza Mandiri Pasang Panel Surya

Ilustrasi panel surya.SHUTTERSTOCK/DIYANA DIMITROVA Ilustrasi panel surya.

Inisiatif ini merupakan wujud nyata komitmen Sampoerna terhadap keberlanjutan lingkungan dalam rangka menciptakan nilai secara berkelanjutan di Indonesia.

Ini sejalan dengan prioritas pemerintah Indonesia dalam rangka mewujudkan transformasi ekonomi hijau, antara lain melalui pencapaian net zero emissions dan pembangunan rendah karbon pada 2060.

Presiden Direktur Sampoerna Vassilis Gkatzelis menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Indonesia atas upaya-upaya Pemerintah dalam mengatasi perubahan iklim serta dukungan dan kolaborasi dengan pihak swasta.

"Kami berharap inisiatif keberlanjutan kami dapat berkontribusi terhadap prioritas Pemerintah Indonesia dalam mewujudkan transformasi ekonomi hijau, khususnya pencapaian net zero emissions dan mengurangi dampak lingkungan secara umum,” ujar Vassilis dalam keterangannya, Rabu (6/12/2023).

Baca juga: Pabrik Panel Surya Senilai Rp 7,5 Triliun Segera Dibangun di KIT Batang

Vassilis mengatakan, Sampoerna menempatkan keberlanjutan sebagai bagian utama dari visi perusahaan untuk menciptakan nilai tambah di Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com