Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurangi Emisi di Tambang Batu Bara, Anak Usaha UNTR Bangun PLTS Off-Grid

Kompas.com - 06/12/2023, 20:00 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usaha PT United Tractors Tbk (UNTR) membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Off-Grid untuk mengurangi emisi karbon di pertambangan batu baranya. PLTS yang dibangun berkapasitas 340,36 kWp (Kilowatt Peak).

Anak usaha UNTR yakni PT Energia Prima Nusantara (EPN) membangun PLTS pada proyek PT Pamapersada Nusantara (PAMA) di site operasionalnya, yakni PAMA BAYA di Kalimantan Timur. PLTS Off-Grid (tak tersambung jaringan listrik umum) ini diresmikan pada 21 November 2023 lalu.

Dari total kapasitas PLTS yang dibangun, terdiri dari Workshop Plant Maintenance sebesar 47,96 kWp, Solar Farming Lower Area 149,6 kWp, dan Solar Farming Upper Area sebesar 142,8 kWp, serta Baterai sebesar 60 kWh.

Diharapkan, instalasi PLTS Off-Grid di Site PAMA BAYA ini dapat mengurangi emisi karbon di area pertambangan batu bara hingga 245-ton CO2 per tahun.

Baca juga: Upaya PAMA Pelan-pelan Menuju Bisnis Energi Hijau

CSR & General Affair Division Head PAMA, TH Puguh Sasetyo mengatakan proyek ini merupakan upaya perseroan dalam menerapkan prinsip berkelanjutan Environmental, Social, dan Governance (ESG).

"Hal ini merupakan bentuk komitmen dalam menjaga kelestarian lingkungan yang selaras dengan visi PAMA,” kata Puguh melalui rilis perusahaan, Rabu (6/12/2023).

Direktur EPN Eko Harry Ariadin menambahkan, pihaknya mendorong para stakeholders industri pertambangan untuk mengimplementasikan energi bersih dengan memperhatikan aspek lingkungan, ekonomi, sosial, dan tata kelola yang baik.

"Pemasangan teknologi solar panel ini adalah bentuk dedikasi kami dan kontribusi menciptakan masa depan yang lebih baik dengan melakukan proses dekarbonisasi pada operasional pertambangan batu bara," kata Eko.

Baca juga: Ini Alasan Pamapersada Ramaikan Bisnis Panas Bumi, Memasuki Senja Kala Batu Bara

Sebagai informasi, EPN merupakan anak usaha UNTR yang didirikan pada 28 Februari 2014 dan bergerak di bidang ketenagalistrikan.

Pada 2018, EPN masuk ke bisnis Energi Baru dan Terbarukan (EBT) dengan menyediakan PLTS Atap, Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) hingga solar PV mobile.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com