Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Manfaat Ekspor dan Impor bagi Ekomomi Suatu Negara

Kompas.com - 13/12/2023, 11:52 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak sekali manfaat ekspor dan impor. Dua aktivitas perdagangan lintas negara ini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di suatu negara.

Dikutip dari Investopedia, ekspor adalah aktivitas menjual barang atau jasa yang diproduksi di dalam negeri ke luar negeri.

Sebaliknya, impor adalah aktivitas mendatangkan atau membeli barang atau jasa dari luar negeri. Tidak ada negara satu pun di dunia yang tidak melakukan kegiatan ekspor impor.

Manfaat ekspor dan impor

Manfaat ekspor dan impor sangat beragam dan memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari kegiatan ekspor dan impor:

Baca juga: Pengertian Ekspor Impor, Manfaat, dan Contohnya

Manfaat ekspor

1. Pendapatan dan devisa

Manfaat ekspor adalah guna meningkatkan pendapatan negara melalui penjualan barang dan jasa ke pasar internasional.

Memperoleh devisa asing yang dapat digunakan untuk membayar utang luar negeri dan untuk pembelian barang dan jasa impor.

2. Pertumbuhan ekonomi

Salah satu manfaat adanya kegiatan ekspor impor adalah mendorong laju ekonomi di suatu negara. Caranya dengan menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan produksi.

3. Diversifikasi ekonomi

Manfaat ekspor juga berguna untuk melakukan diversifikasi ekonomi dengan membuka peluang untuk industri yang dapat bersaing secara global.

4. Transfer teknologi

Salah satu manfaat adanya kegiatan ekspor impor adalah transfer teknologi. Kegiatan perdagangan membawa teknologi baru dan pengetahuan ke dalam negara.

5. Efisiensi produksi

Manfaat ekspor selanjutnya yakni terkait efisiensi. Ekspor bisa mendorong efisiensi produksi dan inovasi untuk bersaing di pasar global.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com