Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Carsurin dan NBRI Kerja Sama Dorong Kemajuan Teknologi Kendaraan Listrik

Kompas.com - 13/12/2023, 13:40 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Carsurin Tbk (CRSN) dan National Battery Research Institute (NBRI) bermitra untuk memajukan teknologi kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) dan mempromosikan mobilitas berkelanjutan di Indonesia.

Kolaborasi ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi Indonesia sebagai pusat global untuk ekosistem baterai kendaraan listrik.

Carsurin dan NBRI berkomitmen untuk memanfaatkan keahlian dan sumber daya mereka secara bersama-sama guna meningkatkan posisi Indonesia dalam sektor kendaraan listrik global. Kolaborasi ini bertujuan untuk kontribusi pada pertumbuhan, inovasi, dan daya saing industri kendaraan listrik Indonesia dalam kontestasi bisnis global.

Baca juga: Menko Airlangga Tegaskan Indonesia Siap Menjadi Produsen Kendaraan Listrik bagi Pasar Global

Ilustrasi kendaraan listrik, mobil listrik. SHUTTERSTOCK/HALFPOINT Ilustrasi kendaraan listrik, mobil listrik.

Sheila Tiwan, Direktur Utama Carsurin menyatakan, kemitraan antara NBRI dan Carsurin menandai langkah penting menuju realisasi potensi Indonesia sebagai pemimpin global dalam teknologi kendaraan listrik.

"Dengan menggabungkan kekuatan kami, kami berkomitmen untuk mendorong solusi mobilitas
berkelanjutan dan berkontribusi pada pertumbuhan industri EV secara internasional," kata Sheila dalam keterangan tertulis, Rabu (13/12/2023).

Kolaborasi ini akan berfokus pada inisiatif yang mendorong dan menyediakan solusi mobilitas berkelanjutan, dengan tujuan mengurangi emisi karbon secara signifikan dan meningkatkan kesejahteraan lingkungan secara keseluruhan.

Evvy Kartini, pendiri NBRI mungkapkan, dalam mendirikan NBRI, visinya adalah untuk mendorong inovasi dalam teknologi baterai dan energi terbarukan.

Baca juga: Industri Kendaraan Listrik Diyakini Dapat Ciptakan Lapangan Kerja Baru

"Berkolaborasi dengan Carsurin memungkinkan kami untuk memperbesar dampak positif kami dan bekerja menuju masa depan yang lebih berkelanjutan. Kami sangat antusias tentang potensi kolaborasi ini dalam memajukan teknologi EV dan membina budaya inovasi di Indonesia," ujarnya.

Kedua pihak berkomitmen untuk mendekarbonisasi sektor transportasi. Melalui promosi kendaraan listrik dan teknologi terkait, kolaborasi ini bertujuan untuk membuat kemajuan signifikan dalam mengurangi jejak karbon industri transportasi Indonesia.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com