Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AUTO Bakal Fokus Penuhi Komponen Kendaraan Listrik

Kompas.com - 16/11/2023, 12:13 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Otoparts Tbk (AUTO), berencana untuk fokus memenuhi komponen kendaraan listrik pada tahun depan. 

Komponen kendaraan listrik adalah fokus utama kami, komponen yang kami kembangkan tentunya itu semua dengan harapan bahwa di kemudian hari itu bisa menjadi pilar kami,” kata Presiden Direktur AUTO, Hamdhani Dzulkarnaen Salim, Rabu (15/11/2023).

Dia menjelaskan, pihaknya akan mengembangkan komponen tersebut melalui Engineering Development Center (EDC) yang dimiliki perusahaan sebagai bagian dari upaya riset dan pengembangan (R&D).

Baca juga: Mengapa Banyak Asuransi Kendaraan Listrik Masih Pakai Skema Konvensional?

“Tentunya kami melakukan ini dengan dua cara, pertama adalah dengan kami kembangkan sendiri melalui RND kami,” jelas dia.

Selain itu, AUTO juga akan melibatkan financial technology (fintech) dalam proses pengembangan. Dengan adanya fintech, AUTO berharap dapat memproduksi komponen dengan harga yang lebih efisien.

Kolaborasi dengan para mitra juga menjadi metode kedua yang akan dilakukan AUTO untuk mengembangkan komponen-komponen penting yang terkait dengan kendaraan listrik.

“Kami berkolaborasi bersama patner kami untuk bersama-sama mengembangkan komponen-komponen yang akan menjadi komponen yang penting di masa depan, dan berkaitan dengan kendaraan listrik,” lanjutnya.

Direktur AUTO Wanny Wijaya mengatakan dukungan kebutuhan komponen kendaraan listrik, juga akan didukung oleh belanja modal atau capex 2024. Dia mengatakan, hal tersebut sejalan dengan potensi bisnis dan investasi perseroan tahun depan.

“Capex 2024 sejalan dengan mendukung tumbuhnya permintaan kendaraan listrik. Kami melihat hal ini juga sejalan dengan potensi bisnis dan juga investasi yang akan dilakukan di tahun 2024,” ujar Wanny.

Wanny menekankan, pihaknya akan mendukung produksi dan permintaan pada tahun 2024.

Baca juga: Ditopang Penjualan Motor, Pendapatan Astra Otoparts Tumbuh Jadi Rp 14 Triliun Per Kuartal III-2023

“Terutama pastinya kita akan mendukung untuk prodak-produk yang sekarang ini mengacu pada revenue untuk produk manufacturing maupun perdagangan, sejalan degan asumsi industri baik dari Gaikindo maupun AISI, di mana akan muncul tipe-tipe baru. Jadi kami dukung capex untuk tipe baru yang akan diluncurkan di tahun 2024,” tambah dia.

Di sisi lain, sebagai upaya mendorong perluasan pangsa pasar, AUTO juga melakukan penambahan produk di beberapa ritel baik domestik maupun international. Adapun sumber dana belanja modal akan diambil dari operasional dan juga internal.

“Untuk perluasan perdaganan kami mensupport adanya penambahan dari beberapa ritel dan juga domestik maupun internasional. kita juga akan men-support digitalisasi dan juga otomatisasi di trading maupun manufacturing,” tegas dia.

Baca juga: Kendaraan Listrik Diprediksi Jadi Ladang Bisnis Baru Paling Besar di 2030

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com