Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transaksi QRIS BSI Tembus 266 Juta dari 221.000 Pengguna

Kompas.com - 13/12/2023, 20:41 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menyediakan pembayaran melalui Quick Respons Code Indonesia Standar (QRIS) pada 221.000 merchant dari berbagai sektor di seluruh Indonesia.

SEVP Digital Banking BSI Saut Parulian mengatakan, insiatif digital yang telah ini tidak hanya memberikan kemudahan akses ke layanan perbankan syariah. Namun, hal itu juga menciptakan solusi inklusif bagi masyarakat luas.

“Kami terus menjadikan platform digital sebagai pintu masuk transaksi di BSI sehingga nasabah dapat dengan mudah mengakses BSI," kata dia dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (13/12/2023).

Baca juga: Cara Transfer Uang Pakai QRIS

Ia menjelaskan, jumlah transaksi melalui QRIS telah mencapai 266,5 juta transaksi.

BSI telah menjalin kemitraan dengan sebanyak 221.000 merchant di berbagai sektor, seperti makanan & minuman, fashion, dan barang kebutuhan sehari-hari.

Tidak hanya itu, BSI juga memberikan fitur-fitur keuangan mencakup fitur pembiayaan di BSI Mobile, pembukaan rekening, dan deposito melalui face interface, pembayaran donasi dan ZISWAF, serta penarikan uang tunai tanpa kartu di berbagai lokasi, seperti ATM BSI, Indomaret, Alfamart, dan Alfamidi di seluruh Indonesia.

Hingga September 2023, BSI Mobile mencatat volume transaksi keseluruhan sebesar 266,3 juta, mencatat pertumbuhan yang sebesar 42,25 persen secara tahunan (year on year).

Sementara itu, jaringan ATM BSI yang tersebar luas mencapai 2.559 unit dengan total transaksi mencapai 13,7 juta transaksi.

Di samping itu, keberadaan agen-agen pintar BSI Smart yang tersebar di seluruh Indonesia mencapai 88.000 agen.

Agen tersebut memberikan pelayanan untuk berbagai transaksi seperti penarikan uang tunai, transfer antar bank, serta pembayaran listrik dan PDAM.

“Langkah-langkah ini mencerminkan komitmen BSI dalam memperluas cakupan dan efisiensi layanan digital untuk memenuhi kebutuhan nasabah dengan lebih baik,” sebut Saut.

Baca juga: BI Jajaki Perluasan Penggunaan QRIS di Jepang hingga Arab Saudi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com