Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur BI Sebut QRIS Bawa Indonesia Selamat dari Krisis

Kompas.com - 30/11/2023, 19:50 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyebut Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), BI-Fast, dan standar nasional open API (SNAP) merupakan sistem pembayaran yang menyelamatkan Indonesia dari krisis ketika terjadi pandemi Covid-19.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan, sistem pembayaran yang telah diinisiasi sejak 2019 tersebut berkontribusi membuat Indonesia terhindar dari krisis.

"Ini QRIS, ini BI-Fast, ini SNAP menyelamatkan Indonesia dari krisis," kata dia dalam acara Bank Indonesia Bersama Masyarakat (BIRAMA), Kamis (30/11/2023).

Baca juga: Cara Bayar Menggunakan QRIS BRImo di Singapura

Pembeli menggunakan QRIS untuk membeli kerajinan  tas dari bahan baku kulit kayu pohon terap (Artocarpus odoratissimus) di Tarakan, Kalimantan Utara. ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA Pembeli menggunakan QRIS untuk membeli kerajinan tas dari bahan baku kulit kayu pohon terap (Artocarpus odoratissimus) di Tarakan, Kalimantan Utara.

Saat pandemi Covid-19, masyarakat lebih sering berada di rumah dan memesan makanan lewat aplikasi dengan pembayaran menggunakan QRIS dan BI-Fast.

Hal tersebut memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan sekaligus mencegah penularan Covid-19 melalui sentuhan uang tunai.

Selain itu, pemerintah juga memanfaatkan sistem pembayaran tersebut untuk membagikan bantuan sosial.

Pasalnya, rantai pembagian bantuan sosial juga sangat rentan terhadap penularan Covid-19.

Baca juga: Cara Menggunakan QRIS di Malaysia

"Alhamdulilah dengan QRIS itu menyelamatkan Indonesia dari Covid," imbuh dia.

Perry bilang, penyaluran bantuan sosial di seluruh Indonesia menggunakan QRIS. Selain QRIS, penggunaan BI-Fast juga membantu masyarakat melancarkan transaksi keuangan karena tersedia sepanjang waktu.

BI-Fast adalah infrastruktur sistem pembayaran ritel yang menfasilitasi transfer antar bank dengan biaya yang lebih murah dan aman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com