Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permata Bank Belum "Lirik" Bisnis Paylater, Pilih Fokus ke Transaksi QRIS

Kompas.com - 20/10/2023, 14:30 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Permata Tbk (Permata Bank) belum akan fokus ke bisnis buy now pay later (BNPL) atau paylater meskipun beberapa bank swasta lain sudah menjajaki layanan tersebut.

Senior Vice President Divisi Head Corporate Communication Glenn Ranti menjelaskan, pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk turut terjun ke bisnis paylater. Namun saat ini, hal tersebut belum menjadi fokus bisnis Permata Bank.

"Sekarang kami masih banyak fokus untuk menggunakan kartu kredit dan debit card, termasuk transaksi digital melalui QRIS," kata dia dalam konferensi pers Permata Bank x Japan Airlines Travel Fair, Jumat (20/10/2023).

Baca juga: Transaksi Kartu Kredit Permata Bank dari Travel Fair Tembus 30 Persen

Ia menambahkan, salah satu fokus yang sedang dijalankan Permata Bank adalah peningkatan transaksi menggunakan QRIS. Untuk menarik minat nasabah, tersedia beragam promo untuk nasabah yang bertransaksi dengan QRIS.

"QRIS ini juga men-support program regulator. Menggunakan QRIS ini memang lebih nyaman, dan tidak pakai (uang) kembalian. Jadi lebih digital transaction," imbuh dia.

Permata Bank sendiri telah memiliki ekosistem digital dengan adanya PermataMobile X.

Baca juga: Permata Bank Mulai Integrasi dengan Bangkok Bank untuk Perluas Portofolio Bisnis

 


Sebelumnya, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae menjelaskan, layanan paylater bisa disebut bukan produk baru dalam industri perbankan.

"Nama paylater sendiri hanya salah satu strategi pemasaran yang dilakukan oleh bank untuk mengemas produk kredit dimaksud sehingga lebih menarik dan relevan dengan perilaku konsumen saat ini," kata dia dalam konferensi pers hasil Rapat Dewan Komisioner (RDK), Senin (9/10/2023).

ia menambahkan, dalam mengeluarkan produk paylater, perbankan tidak membutuhkan izin khusus atau terpisah. Hal ini lantaran layanan kredit termasuk produk dasar bank.

Baca juga: Pemanfaatan Paylater: Bijak agar Tak Terjebak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com