Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Upaya yang Dilakukan untuk Mengembangkan Ekonomi Kreatif?

Kompas.com - 20/10/2023, 13:42 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia? Pertanyaan tersebut barangkali cukup sering ditanyakan banyak orang.

Untuk diketahui saja, upaya mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia merupakan satu cara untuk medongkrak pertumbuhan ekonomi nasional.

Mengutip Buku Ekonomi Kreatif Indonesia (Muhammad Syahbudi), ekonomi kreatif mulai dikembangkan serius sejak beberapa tahun terakhir. Dalam penciptaan nilai ekonomi kreatif, industri kratif tidak hanya menciptakan transaksi ekonomi.

Tapi juga transaksi sosial dan budaya. Ekonomi kreatif memiliki arti bahwa manusia sebagai sumber daya bisa menghasilkan karya kreatif dalam pekerjaannya. Di mana sumber daya utama ekonomi kreatif adalah kreativitas.

Baca juga: Bagaimanakah Hubungan antara Ekonomi Kreatif dan Industri Kreatif?

Nah bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengembangkan ekonomi kreatif di indonesia?

Berikut ini merupakan sederet upaya apa yang harus dilakukan suatu negara untuk menciptakan keunggulan ekonomi

  1. Menciptakan percepatan pertumbuhan industri kreatif dengan berbasiskan budaya seperti kemudahan akses, fasilitas promosi, dan perluasan pasar ke luar negeri.
  2. Membantu pengembangan roadmap industri kreatif dengan bantuan dari berbagai instansi pemerintah dan swasta
  3. Menelurkan program yang komprehensif untuk mempromosikan industri kreatif melalui pendidikan, pengembangan sumber daya manusia, desain, kualitas dan pengembangan pasar
  4. Menyediakan perlindungan hukum dan tambahan insentif bagi pekerja di industri kreatif
  5. Penyediaan fasilitas paten untuk penemuan-penemuan baru, merek produk atau jasa, model industri, rencana tata letak sirkuit terpadu dan rahasia dagang
  6. Pembentukan Dewan Kreatif Indonesia yang menjadi jembatan bagi para pelaku industri kreatif.
  7. Pengembangan database industri kreatif Indonesia

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Suatu Negara untuk Menciptakan Keunggulan Ekonomi?

Tentang ekonomi kreatif

Ekonomi kreatif adalah istilah yang merujuk pada sektor ekonomi yang berfokus pada penggunaan kreativitas, pengetahuan, dan budaya untuk menghasilkan nilai ekonomi.

Ini mencakup berbagai industri dan sektor yang menghasilkan produk dan layanan yang didasarkan pada aset intelektual, kreativitas, dan keunikan budaya.

Beberapa contoh industri dalam ekonomi kreatif meliputi seni, desain, mode, musik, perfilman, penerbitan, periklanan, perangkat lunak, arsitektur, dan banyak lagi.

Ekonomi kreatif lebih banyak menonjolkan inovasi, ekspresi kreatif, dan pertumbuhan ekonomi melalui berbagai bentuk ekspresi seni dan budaya.

Baca juga: Pahami 17 Subsektor Ekonomi Kreatif Indonesia Beserta Contohnya

Ini juga dapat mencakup berbagai model bisnis, termasuk perusahaan kreatif, startup, dan pekerja lepas yang terlibat dalam produksi, distribusi, dan pemasaran barang dan jasa.

Penting untuk dicatat bahwa ekonomi kreatif dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Selain itu, dalam era digital dan globalisasi, ekonomi kreatif juga memainkan peran penting dalam mempromosikan budaya dan identitas suatu negara di pasar internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com