Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gubernur BI Sebut QRIS Bawa Indonesia Selamat dari Krisis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyebut Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), BI-Fast, dan standar nasional open API (SNAP) merupakan sistem pembayaran yang menyelamatkan Indonesia dari krisis ketika terjadi pandemi Covid-19.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan, sistem pembayaran yang telah diinisiasi sejak 2019 tersebut berkontribusi membuat Indonesia terhindar dari krisis.

"Ini QRIS, ini BI-Fast, ini SNAP menyelamatkan Indonesia dari krisis," kata dia dalam acara Bank Indonesia Bersama Masyarakat (BIRAMA), Kamis (30/11/2023).

Saat pandemi Covid-19, masyarakat lebih sering berada di rumah dan memesan makanan lewat aplikasi dengan pembayaran menggunakan QRIS dan BI-Fast.

Hal tersebut memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan sekaligus mencegah penularan Covid-19 melalui sentuhan uang tunai.

Selain itu, pemerintah juga memanfaatkan sistem pembayaran tersebut untuk membagikan bantuan sosial.

Pasalnya, rantai pembagian bantuan sosial juga sangat rentan terhadap penularan Covid-19.

"Alhamdulilah dengan QRIS itu menyelamatkan Indonesia dari Covid," imbuh dia.

Perry bilang, penyaluran bantuan sosial di seluruh Indonesia menggunakan QRIS. Selain QRIS, penggunaan BI-Fast juga membantu masyarakat melancarkan transaksi keuangan karena tersedia sepanjang waktu.

BI-Fast adalah infrastruktur sistem pembayaran ritel yang menfasilitasi transfer antar bank dengan biaya yang lebih murah dan aman.

Sebagai informasi, QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard. QRIS adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code.

QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan BI agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang akan menggunakan QR Code Pembayaran wajib menerapkan QRIS.

https://money.kompas.com/read/2023/11/30/195000126/gubernur-bi-sebut-qris-bawa-indonesia-selamat-dari-krisis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke