Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Wujudkan Generasi Bersih, Sehat dan Hebat, Elnusa Petrofin Gelar Khitanan Massal di Makassar

Kompas.com - 16/12/2023, 18:30 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – PT Elnusa Petrofin (EPN) selaku anak usaha PT Elnusa Tbk (ELSA) melalui program Petrofin Peduli kembali melaksanakan kegiatan corporate social responsibility (CSR) berupa khitanan massal di wilayah operasional integrated terminal Makassar.

Mengusung tema "Generasi Bersih, Sehat, dan Hebat,” kegiatan tersebut digelar di Workshop PT Elnusa Petrofin, Kota Makassar, yang juga termasuk wilayah ring 1 integrated terminal Makassar, Sabtu (16/12/2023).

Dalam agenda tersebut, Elnusa Petrofin berkolaborasi dengan Indonesia Healthcare Corporation (IHC) Rumah Sakit Otak dan Jantung (RSOJ) Pertamina Royal Biringkanaya.

Sebagai penanggung jawab kegiatan, Manager Corporate Communication dan CSR Elnusa Petrofin, Putiarsa Bagus Wibowo mengatakan bahwa khitanan kassal merupakan kegiatan CSR rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Baca juga: Rayakan HUT Ke-26, EPN Gelar Khitanan Massal untuk Anak-anak di Pontianak

“Kegiatan CSR ini telah berjalan mulai (sejak) 2017 dan merupakan salah satu flagship CSR Elnusa Petrofin” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (16/12/2023).

Putiarsa menjelaskan bahwa kegiatan khitanan massal diikuti oleh sekitar 100 anak-anak dengan rentang usia 4 hingga 12 tahun.

Anak-anak yang mengikuti acara itu, kata dia, berasal dari keluarga prasejahtera dan yatim piatu di sekitar wilayah operasional perusahaan, yaitu Ujung Tanah.

“Khitanan massal ini juga diikuti oleh anak-anak dari Awak Mobil Tangki Elnusa Petrofin. Sehingga selain sebagai CSR juga menjadi sarana untuk memperkuat dan meningkatkan engagement (keterlibatan) dan sense of belonging (rasa memiliki) dengan keluarga pekerja dan pekerja itu sendiri,” jelas Putiarsa.

Baca juga: Pekerja PLTN Fukushima Terdeteksi Miliki Tingkat Radiasi Tinggi di Hidung

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, lanjut dia, Elnusa Petrofin berkoordinasi dengan pemerintah daerah (pemda) di Kecamatan Ujung Tanah agar anak-anak yang mengikuti prosesi khitanan massal ini dapat tepat sasaran.

Selain itu, tim pelaksana dari RSOJ Pertamina Royal Biringkanaya juga turut serta dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Medis RSOJ Pertamina Royal Biringkanaya Makassar Fahirah Anditasari mengatakan bahwa kegiatan Khitanan Massal merupakan wujud implementasi sinergi dalam Pertamina Group.

Ia berharap, kerja sama antara pihaknya dan Pertamina Group dapat terus dilanjutkan ke depannya.

Berikan kontribusi positif bagi masyarakat

Perlu diketahui, Elnusa Petrofin berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar Ujung Tanah.

Selain memberikan manfaat kesehatan, kegiatan tersebut juga bertujuan membantu mengurangi beban ekonomi keluarga.Hal ini sejalan dengan visi mewujudkan Generasi Bersih, Sehat, dan Hebat, sesuai dengan tema acara khitanan massal ini.

Anak-anak peserta khitanan juga diberikan bingkisan berupa alat tulis dan peralatan sekolah.

Pelaksanaan khitanan massal di wilayah ring 1 operasional Elnusa Petrofin di Sulawesi Selatan (Sulsel) didasarkan pada pemetaan sosial yang dilakukan oleh perusahaan.

Wilayah tersebut dipilih karena terdapat sejumlah anak yang belum menjalani khitan dan kondisi ekonomi mendukung pelaksanaan khitanan massal.

Baca juga: Alat Kelamin Bocah 8 Tahun di Sumsel Terpotong Saat Khitanan Massal

Elnusa Petrofin berharap kegiatan CSR yang sejalan dengan tujuan keempat dari Sustainable Development Goals (SDGs) itu dapat memberikan solusi nyata bagi permasalahan di masyarakat sekitar unit operasi perusahaan, khususnya dalam pelaksanaan khitanan massal.

Adapun SDGs poin keempat mencakup tentang Kesehatan dan Kesejahteraan, yaitu Menjamin Kehidupan yang Sehat dan Meningkatkan Kesejahteraan Seluruh Penduduk Semua Usia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com