Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isi Ulang dan Beli Kartu MRT Jakarta Kini Bisa Gunakan Mastercard

Kompas.com - 19/12/2023, 08:08 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta menggandeng Mastercard untuk menyediakan pilihan metode pembayaran secara nontunai melalui loket stasiun maupun aplikasi MyMRTJ.

President Director Mastercard Aileen Goh mengatakan, pada awal kerja sama ini penumpang MRT Jakarta dapat melakukan isi ulang (top up) dan membeli kartu MRT Jakarta menggunakan kartu debit Mastercard di semua loket MRT.

Selain itu, penumpang juga memiliki opsi untuk membeli tiket MRT Jakarta lewat aplikasi MyMRTJ menggunakan kartu kredit Mastercard.

Baca juga: Stasiun MRT Senayan Kini Resmi Jadi Stasiun Senayan Mastercard

"Melalui kerja sama ini, MasterCard Indonesia dan MRT Jakarta bekerja sama untuk memastikan bahwa setiap orang yang berada di Jakarta, baik turis maupun penduduk, dapat menikmati pengalaman perjalanan yang lebih baik. Dimulai dengan pembayaran nontunai yang nyaman dan aman," ujarnya acara peresmian di Stasiun Senayan Mastercard, Jakarta, Senin (18/12/2023).

Dia mengungkapkan, nantinya penumpang MRT Jakarta akan bisa menggunakan kartu Mastercard untuk tap in dan tap out di Stasiun MRT sehingga nasabah Mastercard tidak perlu lagi membeli kartu untuk menggunakan MRT Jakarta.

Namun, Aileen belum dapat memastikan kapan kerja sama tersebut dapat diimplementasikan. "Sesegera mungkin. Kami harus bekerja sama dengan banyak mitra untuk teknologi dan juga dengan pemerintah untuk memastikan semuanya aman dan mudah," ucapnya setelah acara.

Baca juga: Jadwal MRT dan LRT Jakarta Saat Malam Tahun Baru 2024

Direktur Utama MRT Jakarta Tuhiyat menyebut, MRT Jakarta terus mendorong kerja sama dan kolaborasi dalam memajukan sistem transportasi publik untuk mendukung gaya hidup masyarakat di berbagai bidang.

"Ke depannya, kami berharap lebih banyak lagi kerja sama dan inovasi yang dapat dikolaborasikan dengan Mastercard untuk meningkatkan pengalaman penumpang MRT Jakarta," kata Tuhiyat.

Selain kerjasama dalam metode pembayaran nontunai, MRT Jakarta dan Mastercard juga bekerjasama dalam hak penamaan Stasiun MRT Senayan yang kini menjadi Stasiun Senayan Mastercard. Dengan demikian, aaat ini terdapat 7 stasiun MRT Jakarta yang telah bermitra dalam aspek penamaan stasiun.

"Ke depannya, kami membuka lebih banyak lagi kesempatan bermitra dengan berbagai pihak terkait penamaan stasiun yang merupakan salah satu inisiatif MRT Jakarta dalam hal pendapatan nontiketnya," tuturnya.

Baca juga: MRT Fase 2A Bundaran HI-Kota Ditargetkan Beroperasi 2027

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com