Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Switch Over" Ke-7 Dilaksanakan Malam Ini, Simak Pola Operasi Baru di Stasiun Manggarai yang Berlaku Besok Pagi

Kompas.com - 19/12/2023, 18:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melaksanakan switch over ketujuh (SO7) pada malam hari ini, Selasa (19/12/2023). Setelah sebelumnya tertunda dari rencana awal akan dilaksanakan pada 16 Desember lalu.

SO7 ini akan berdampak pada pola operasi di Stasiun Manggarai sehingga Kemenhub juga akan memberlakukan pola operasi baru di Stasiun Manggarai mulai Rabu (20/12/2023) pagi.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Jakarta Lukman Al Amin mengatakan, saat ini Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub tengah mematangkan kesiapan pemberlakuan pola operasi baru di Stasiun Manggarai.

Sebab masih diperlukan persiapan teknis dan administrasi untuk menunjang pelaksanaan SO7 di Stasiun Manggarai.

"Secara prinsip sebetulnya dari sisi prasarana kami sudah siap untuk melaksanakan SO ke-7 ini, namun dari pihak operator masih memerlukan waktu untuk memastikan kesiapan yang lainnya, jadi diputuskan ditunda hingga Selasa ini," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (19/12/2023).

Baca juga: Daftar Perubahan Jalur Transit di Stasiun Manggarai Mulai 17 Desember 2023

Lukman menjelaskan, pelaksanaan SO7 dilakukan pada malam hari untuk menghindari gangguan pada layanan kereta serta memastikan kondisi jalur aman untuk dilakukan pekerjaan.

Sementara pelaksanaan pola operasi baru dilaksanakan keesokan paginya untuk memberi ruang kepada operator untuk melakukan penyesuaian.

"Kami memanfaatkan window time untuk melakukan SO ini, sehingga akan dimulai setelah kereta terakhir berhenti beroperasi, dan selesai sebelum kereta pertama berangkat," jelasnya.

Baca juga: Switch Over di Stasiun Manggarai, Area Transit Penumpang Akan Lebih Luas

 


Sebagai informasi, switch over atau SO adalah kegiatan pemindahan jalur aktif yang dilakukan akibat adanya perubahan pola operasi yang disebabkan oleh adanya pembangunan, atau hal lain yang mengharuskan adanya peralihan jalur.

Dalam hal ini, SO7 Stasiun Manggarai dilakukan seiring dengan pengaktifan jalur 1 dan 2 baru stasiun ini beserta peronnya, yang disertai dengan penomoran ulang jalur di Stasiun Manggarai.

Pada lantai dasar (at grade track) menjadi jalur 1 hingga jalur 8 yang diperuntukan untuk perjalanan Commuter Line Cikarang dan Commuter Line Basoetta serta KA Jarak Jauh. Sedangkan untuk Commuter Line Bogor tidak mengalami perubahan dan tetap menggunakan peron yang sama.

Baca juga: 7 Tempat Nongkrong Dekat Stasiun Manggarai

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com