Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Switch Over" di Stasiun Manggarai, Area Transit Penumpang Akan Lebih Luas

Kompas.com - 10/10/2022, 14:30 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kereta Api Indonesia (KAI) Commuter akan melakukan perubahan operasional keenam atau Switch Over (SO-6) di Stasiun Manggarai, Jakarta, pada akhir November 2022.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta-Banten Rode Paulus mengatakan, SO-6 ini dilakukan untuk mengoptimalkan pelayanan KAI Commuter khususnya dalam mengurai penumpukan penumpang saat transit di Stasiun Manggarai.

"Kita akan mengoperasikan jalur 3 dan 4 ditambah dengan ruang di atas yang dioperasikan untuk transit penumpang, itu area yang bisa dimanfaatkan oleh penumpang dan mungkin bisa mengurangi beban Stasiun Manggarai saat ini," kata Rode saat ditemui di Stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (10/10/2022).

Baca juga: Netizen Curhat soal Perjuangan Transit di Stasiun Manggarai, Ini Kata KAI Commuter

Rode mengatakan, selama SO-6, jalur 3 dan 4 akan dimanfaatkan oleh operator, namun, jalur 1 dan 2 akan dinonaktifkan sementara karena adanya pembangunan.

"Sehingga pembangunan gedung menjadi dua tahap, tahap 1 yang di sisi Barat sekarang sudah selesai dan tahap dua yang sisi Timur nanti juga akan selesai sampai tahun depan," ujarnya.

Baca juga: Stasiun Manggarai Jadi Stasiun Sentral pada 2025, Aksesnya Bakal Diperluas

Lebih lanjut, Rode berharap seluruh pihak dapat menjaga fasilitas Stasiun Manggarai selama tahap penyelesaian pembangunan dan memprioritaskan fasilitas untuk penumpang berkebutuhan khusus.

"Lift dan eskalator memang dipriotiaskan untuk teman-teman yang usia lanjut dan seterusnya dan itu mungkin lebih jadi perhatian kita," ucap dia.

Baca juga: Jarak Kedatangan Antar-KRL di Stasiun Manggarai Bakal Dipangkas Jadi 3 Menit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com