Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KABAR ASURANSI

Menteri BUMN Tunjuk Mahelan Prabantarikso Pimpin Jiwasraya Gantikan Angger Yuwono

Kompas.com - 21/12/2023, 10:59 WIB
Hotria Mariana,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menunjuk R Mahelan Prabantarikso sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama menggantikan Angger P Yuwono yang menjabat sejak Februari 2020.

Penunjukkan Mahelan Prabantarikso sebagai Plt Direktur Utama Jiwasraya dilakukan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Jiwasraya yang digelar pada Kamis (14/12/2023).

"Menugaskan Saudara R Mahelan Prabantarikso yang diangkat berdasarkan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara untuk menjalankan tugas sebagai Direktur Utama Perusahaan Perseroan (Persero) PT Asuransi Jiwasraya selain menjalankan tugasnya sebagai Direktur Manajemen Risiko, Sumber Daya Manusia, dan Umum," bunyi Salinan Keputusan (SK) Menteri BUMN.

Mahelan sebelumnya menjabat sebagai Direktur Manajemen Risiko, Sumber Daya Manusia, dan Umum Jiwasraya sejak Mei 2020. Ia telah memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di bidang asuransi dengan berbagai sertifikasi gelar di bidang terkait.

Sekretaris Jiwasraya Kompyang Wibisana berharap, penunjukkan Mahelan Prabantarikso sebagai Plt Dirut Jiwasraya dapat memberikan dorongan positif bagi pemerintah dan manajemen dalam menuntaskan program restrukturisasi yang tengah berlangsung.

Pemerintah mengambil langkah restrukturisasi untuk menyelamatkan perusahaan asuransi tertua di Indonesia itu. Seperti diketahui, Jiwasraya mengalami gagal bayar sebesar Rp 27,5 triliun akibat salah urus dan korupsi.

Melalui program tersebut, portofolio nasabah Jiwasraya bisa diselamatkan dengan mengalihkannya ke IFG Life. Holding BUMN di bidang asuransi ini juga bertugas mengelola portofolio nasabah Jiwasraya.

Kompyang melanjutkan, hingga November 2023, jumlah pemegang polis yang telah mengikuti program restrukturisasi Jiwasraya mencapai 99,6 persen dari total 7,1 juta nasabah. Dari angka tersebut, sekitar 84 persen liabilitas polis telah dialihkan ke IFG Life untuk diberikan manfaat polis.

Baca juga: Restrukturisasi Polis Nasabah Jiwasraya Dibuka hingga 31 Desember 2023

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Angger yang telah memimpin Jiwasraya selama hampir dua tahun. Ia mengapresiasi dedikasi dan integritas Angger yang telah berjuang keras untuk mengatasi krisis yang menimpa Jiwasraya.

“Sebagai senior di industri asuransi, kami belajar banyak dari sosok Pak Angger. Kami berharap, beliau dapat sukses di tempat yang baru,” ujarnya dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (20/12/2023).

Dengan restrukturisasi tersebut, maka susunan direksi Jiwasraya saat ini adalah sebagai berikut.

  1. Direktur Utama sekaligus Direktur Manajemen Risiko, Sumber Daya Manusia, dan Umum: Mahelan Prabantarikso.
  2. Direktur Keuangan dan Operasional: Muhammad Lutfi. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com