Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taylor Swift Dinobatkan Jadi Pebisnis Terbaik 2023 Versi CNN

Kompas.com - 27/12/2023, 16:00 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Musisi Taylor Swift terpilih menjadi pebisnis terbaik versi CNN pada 2023. Bagaimana Taylor Swift yang tak punya perusahaan apapun dinobatkan jadi pebisnis terbaik? Ini penjelasan CNN

Dikutip dari CNN pada Rabu (27/12/2023), Taylor Swift disebut tidak perlu menjalankan perusahaan besar atau memimpin bank sentral untuk mendapatkan kekuatan ekonomi yang besar tahun ini.

CNN menyebut Taylor Swift meraih kejayaan pada 2023 tidak hanya sebagai artis, tetapi juga sebagai pebisnis. Sebab, Konser The Eras Tour menjadi penentu karier pelantun lagu "All Too Well" tersebut lantaran tiketnya terjual habis di seluruh dunia.

Sepanjang tur, para penggemar Taylor Swift menghabiskan banyak uang untuk membeli "merchandise" saat menghadiri konsernya.

Baca juga: Kekayaan Taylor Swift Sentuh Rp 17,5 Triliun berkat Eras Tour

Tak hanya turnya saja yang sukses, film berjudul sama, The Eras Tour pun turut mencatat rekor "box office" di akhir pekan pembukaannya.  Sukses film tersebut turut melambungkan pundi-pundi kekayaan Taylor Swift.

Tak heran jika CNN menyebut Taylor Swift mencapai prestasi luar biasa yang akan mengesankan bagi setiap pemimpin bisnis yang menjalankan perusahaan Fortune 500.

Ia disebutkan memiliki basis penggemar setia yang datang dengan kekuatan penuh untuk berbelanja, dan dalam perekonomian yang sebagian besar didorong oleh belanja konsumen. Hal tersebut merupakan kesuksesan bagi pebisnis manapun.

Baca juga: Angkut Peralatan Tur, Para Sopir Truk Diberi Bonus Rp 1,5 Miliar oleh Taylor Swift

"Dia (Taylor Swift) adalah orang yang hebat dalam hal bisnis,” kata Pofesor manajemen olahraga dan hiburan Universitas South Carolina Armen Shaomian.

Tidak ada pemimpin perusahaan dalam sejarah yang menghasilkan begitu banyak niat baik dengan pelanggan, antusiasme internasional, dan kecerdasan bisnis seperti Taylor Swift, lanjutnya.

Hal-hal tersebut lah yang kemudian menjadi dasar Taylor Swift dinobatkan sebagai pebisnis terbaik CNN tahun ini.

Baca juga: Ada Konser Taylor Swift, Harga Tiket Pesawat ke Singapura Melonjak

Suksesnya Konser "The Eras Tour"

Konser The Eras Tour adalah pusat dari tahun fenomenal Taylor Swift, dan akan berlangsung hingga akhir tahun 2024.

StubHub mengatakan konser The Eras Tour adalah yang terbesar dalam dua dekade sejarah perusahaan tiket tersebut, melampaui artis sukses lainnya dalam hal penjualan tiket.

“Taylor Swift tidak hanya tampil; dia menulis ulang pedoman tersebut, meninggalkan jejak gemerlap, rangsangan ekonomi, dan gelang persahabatan ke mana pun dia pergi,” kata laporan akhir tahun perusahaan tersebut.

Taylor Swift sendiri belum merilis angka penjualan resmi tiket tur.

Baca juga: Beyonce vs Taylor Swift, Siapa Lebih Kaya?

Namun Pollstar memprediksi awal bulan ini bahwa 60 pertunjukan pertama tur tersebut menghasilkan pendapatan kotor lebih dari 1 miliar dolar AS atau Rp 15,43 triliun.

Sebuah analisis yang dibagikan secara eksklusif kepada CNN awal tahun ini memproyeksikan bahwa pertunjukan Taylor Swift di Amerika Utara dapat menghasilkan pendapatan lebih dari 2 miliar dolar AS atau Rp 30,86 triliun.

Hal ini menjadikannya tur konser dengan pendapatan kotor tertinggi yang pernah ada.

Sementara itu SeatGeek mengatakan kepada CNN bahwa harga rata-rata penjualan kembali tiket The Eras Tour adalah 1.607 dolar AS atau naik 741 persen dari konser The Reputation Stadium Tour pada 2018, yang harga rata-rata penjualan kembali tiketnya adalah 191 dolar AS.

Taylor Swift juga memberikan bonus 100.000 dolar AS kepada sopir truk The Eras Tour selama musim panas.

Baca juga: Heboh Konser Taylor Swift, Penggemar Berbondong-bondong Bikin Kartu Kredit UOB

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com