Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Nataru, KAI Catat 7.570 WNA Gunakan Moda Kereta Api

Kompas.com - 02/01/2024, 16:40 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat penumpang kereta selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) tidak hanya berasal dari warga negara Indonesia (WNI) tetapi juga warga negara asing (WNA).

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, KAI mencatat hingga hari ke-12 Nataru yakni 21 Desember 2023 sampai 1 Januari 2024, terdapat 7.570 penumpang WNA yang menggunakan transportasi kereta api.

"Liburan Nataru tahun ini tidak hanya dinikmati oleh penumpang domestik," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (2/1/2024).

Baca juga: KAI Tebar Diskon 24 Persen Mulai Hari Ini, Cek Daftar Keretanya di Sini

Dia mengungkapkan, para penumpang WNA tersebut banyak memilih rute kereta seperti Jakarta-Bandung pp, Jakarta-Yogyakarta pp, Bandung-Yogyakarta pp, dan sebagainya.

Adapun para penumpang WNA tersebut di antaranya berasal dari Belanda, Jerman, Australia, Malaysia, Singapura, Jepang, dan China.

Namun memang jika melihat total tiket kereta yang dijual KAI, jumlah penumpang WNA tersebut tidak sebanyak penumpang WNI.

Baca juga: Atasi Isu Roda Cepat Aus, Dirut KAI Ajak Warga Menjajal LRT Jabodebek yang Kini Lebih Smooth

Mengutip data KAI, total tiket KAI yang telah terjual selama periode Nataru atau 21 Desember 2023 sampai 7 Januari 2024 mencapai 2.962.544 tiket atau 97,50 persen dari total tiket yang disediakan sebanyak 3.038.351 tiket.

Dengan demikian, ketersediaan tiket arus balik libur Tahun Baru periode 1-7 Januari 2024, masih terdapat 436.394 tiket atau 37 persen dari total keseluruhan 1.180.300 tiket yang masih bisa dibeli masyarakat.

"Jumlah ketersediaan tiket ini akan terus berkurang karena penjualan tiket masih berlangsung," kata Joni.

Baca juga: Tinjau 3 Stasiun, Menhub: Kereta Api Sangat Diminati Masyarakat

Joni menyebut, seluruh insan KAI memaksimalkan kenyamanan pelanggan melalui kemudahan dan inovasi produk yang dihadirkan. KAI juga berkomitmen bahwa keselamatan merupakan fokus utama selama periode Nataru.

"Kami juga mengimbau kepada para pelanggan untuk mengalokasikan waktu yang cukup untuk sampai di stasiun keberangkatan. Tujuannya jika terjadi kemacetan saat menuju stasiun, pelanggan tidak tertinggal keretanya," tuturnya.

Baca juga: Kapan Kereta Cepat Whoosh Balik Modal?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com