Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sucofindo Serahkan Sertifikat SNI Sistem Manajemen Energi ke PT Semen Padang

Kompas.com - 02/01/2024, 18:00 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sucofindo menyerahkan sertifikat SNI ISO 50001:2018, tentang Sistem Manajemen Energi (SME) untuk PT Semen Padang pada Minggu (31/12/2023).

Sertifikat SME tersebut diserahkan Direktur Utama PT Sucofindo Jobi Triananda kepada Direktur Utama PT Semen Padang Asri Mukhtar.

“Kami mengapresiasi PT Semen Padang atas perolehan sertifikat SME. Pencapaian ini merupakan wujud komitmen dalam implementasi Sistem Manajemen Energi," kata Direktur Utama PT Sucofindo Jobi Triananda dalam keterangan tertulis, Selasa (2/1/2024).

Jobi mengatakan, SNI ISO 50001: 2018 adalah standar Internasional yang menetapkan kerangka kerja untuk pengelolaan energi yang efisien dalam organisasi.

Baca juga: KKP Gandeng PT Semen Padang untuk Atasi Permasalahan Sampah di Laut

Ia mengatakan, sertifikat tersebut tidak hanya sebuah pengakuan terhadap upaya kerja keras PT Semen Padang di bidang pengelolaan Energi, namun, wujud implementasi tehadap keberlanjutan, efisiensi dan inovasi.

Ia mengatakan, dengan penerapan SME secara konsisten di PT Semen Padang mampu berdampak pada penghematan energi yang berkelanjutan, penurunan emisi, dan efisiensi.

“Pengelolaan energi yang baik, mendukung transisi energi menuju industri keberlanjutan yang berwawasan lingkungan dan ketahanan iklim, atau industri rendah karbon,” ujarnya.

Jobi mengatakan mengimplementasikan efisiensi energi, menunjukan komitmen dan tanggung jawab terhadap lingkungan dan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang.

Ia juga mengatakan, penerapan Sistem Manajemen Energi berkontribusi dalam perolehan nilai yang memuaskan yaitu Proper Emas, khususnya pada kriteria efisiensi energi.

"Kami juga ucapkan Selamat atas pencapaian PROPER EMAS Tahun 2023 PT Semen Padang, yang dianugerahkan oleh Kementerian LHK pada Rabu 20 Desember 2023 yang lalu,” tuturnya.

Baca juga: Persaingan Ketat, PT Semen Padang Genjot Kinerja Ekspor

Lebih lanjut, Jobi mengatakan, dalam mendukung industri mengimplementasikan keberlanjutan lingkungan, perusahaan memiliki layanan sebagai Lembaga Validasi dan Verifikasi skema Nilai Ekonomi Karbon dan Gas Rumah Kaca, ESG Consultation dalam hal ini membantu pelaku usaha menyiapkan roadmap ESG dan proses implementasi, dan pelaporan ESG.

Kemudian, perusahaan mampu melayani Audit Energi, konsultansi sustainable mining, sertifikasi green office, sertifikasi green building, konsultansi di bidang Energi Baru Terbarukan (EBT), Green Project Management, Sertifikasi Industri Hijau, Environmental Laboratory, monitoring dan konsultansi lingkungan dan Sertifikasi GGL (Green Gold Label).

Baca juga: Kemendag Gandeng Sucofindo Berikan Sertifikasi Halal untuk Mitra Binaan Produk Kosmetik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com