Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Rizal Ramli, Ekonom Kritis yang Jabat Berbagai Posisi Strategis

Kompas.com - 02/01/2024, 23:03 WIB
Rully R. Ramli,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ekonom senior sekaligus mantan menteri Rizal Ramli meninggal dunia pada Selasa (2/1/2024) malam hari. Rizal tutup usia pada umur 69 tahun.

Kabar meninggalnya Rizal dibenarkan oleh stafnya, Tri Wibowo Santoso. Rizal wafat pukul 19.30 WIB di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

"Innalillahi wa inna illaihi rojiuun. Telah berpulang, bapak/kakek/mertua kami, Rizal Ramli pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo," demikian bunyi pesan singkat yang diterima Kompas.com, Selasa.

Baca juga: Rizal Ramli Meninggal Dunia

Eks Menkeu Rizal Ramli berorasi menyindir Presiden Joko Widodo saat demo buruh di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2023). (KOMPAS.com/XENA OLIVIA)Xena Olivia Eks Menkeu Rizal Ramli berorasi menyindir Presiden Joko Widodo saat demo buruh di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2023). (KOMPAS.com/XENA OLIVIA)

Profil Rizal Ramli

Rizal merupakan seorang ekonom senior yang sempat menjabat berbagai posisi strategis pemerintah. Terakhir, ia menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman pada 2015-2016.

Rizal Ramli lahir di Padang, Sumatera Barat, 10 Desember 1954. Ia mengenyam pendidikan S1 jurusan Teknik Fisika di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Tak berhenti di situ, ia melanjutkan pendidikannya hingga S3 di bidang ekonomi di Boston University, Amerika Serikat.

Sepulangnya dari Negeri Paman Sam, Rizal bersama rekannya mendirikan lembaga think-tank bernama ECONIT Advisory Group. Lembaga tersebut kerap menyampaikan kritik terhadap kebijakan ekonomi di pemerintahan orde baru.

Baca juga: Rizal Ramli Meninggal Dunia, Chatib Basri: Ekonom yang Cemerlang, Aktivis yang Gigih...

Setelah orde baru runtuh dan digantikan orde reformasi, Rizal mulai masuk ke dalam pemerintahan. Tugas pertamanya ialah menjadi Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) pada 2000.

Pada Agustus 2000, Rizal diberi kepercayaan lebih oleh Presiden Abdurahman Wahid untuk menjadi Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri. Jabatan ini ditempati oleh Rizal hingga Juni 2001.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com