Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anies Sebut Food Estate Untungkan Kroni, Respons Mentan: Pertanian Bukan untuk Diperdebatkan

Kompas.com - 08/01/2024, 15:37 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian Amran Sulaiman merespons pernyataan calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan yang menyebutkan bahwa proyek Food Estate menguntungkan kroni.

Mentan Amran menyatakan, urusan soal pertanian bukan untuk diperdebatkan namun harus dikerjakan.

Amran mencontohkan proyek Food Estate yang ada di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah yang menurut dia, sudah ditangani dengan baik melalui kolaborasi antara Kementan bersama Kementerian Pertahanan.

Baca juga: Anies Sebut Proyek Food Estate Singkong Untungkan Kroni, Rusak Lingkungan dan Tak Menghasilkan

“Sudahlah, Pertanian itu bukan untuk diperdebatkan. Kemarin 600 hektar itu sudah kita tanami jagung berhasil, singkong juga. Sementara kita tanami ini luasnya cuma 600 hektar dan kami rawat,” ujarnya kepada media di Jakarta, Senin (8/1/2024).

“Pertanian itu, sampaiakan salam hormat kepada siapapun yang memperdebatkan, pertanian bukan untuk diperdebatkan tapi dikerjakan buktinya jagung sudah umurnya 2 bulan seumur jabatan saya tumbuh subur,” sambung dia.

Dalam kesempatan itu Amran juga menjelaskan terkait menanam jagung dengan media tanam pot atau polybag dalam program Food Estate Gunung Mas, Kalimantan Tengah.

Hal itu terkait ramainya video di media sosial yang menarasikan program Food Estate Gunung Mas, Kalimantan Tengah menanam jagung di polybag.

Menurut Mentan, penanaman jagung di polybag tersebut dilakukan hanya beberapa tanaman saja yang berfungsi sebagai uji coba penyesuaian iklim.

“Itu lantaran bibit jagung yang ditanam baru kemudian bibit baru kita tanam tempat yang baru. Jadi kita menyesuaikan, mengecek dan ternyata berhasil. Jangan dipelintir,” ungkap Amran.

Sebelumnya, calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan menyebut bahwa proyek food estate yang dikerjakan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) justru menguntungkan kroni.

Pernyataan itu disampaikan Anies saat menyampaikan paparan pertama dalam debat pemilihan presiden (Pilpres) ketiga dengan topik pertahanan, keamanan, geopolitik, hubungan internasional, dan globalisasi.

Adapun Kemenhan saat ini dipimpin Prabowo Subianto yang maju sebagai calon presiden (capres) nomor urut 2. "Tambah lagi food estate singkong yang menguntungkan kroni," kata Anies di Istora, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2204).

Baca juga: Bantah Food Estate Gunakan Pot, Mentan Amran: Itu Hanya pada Benih Percobaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com