Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TKN Prabowo-Gibran: Dalam 30 Menit Penerimaan Negara Bisa Terkumpul Rp 400 Miliar

Kompas.com - 08/01/2024, 20:41 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perwakilan Tim Kampanye Nasional (TKN) Ekonomi Paslon Nomor Urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Drajad Wibowo mengatakan, sumber pendanaan program Asta Cita Prabowo-Gibran bersumber dari penerimaan negara yang belum pernah dikumpulkan.

"Program Asta Cita 8 program hasil terbaik cepat dan 17 program prioritas sumbernya adalah penerimaan penerimaan negara yang selama ini tidak dikumpulkan," kata Drajad dalam Dialog Apindo bertajuk "Arah Kebijakan Investasi dan Pasar Modal 2024-2029" di JS Luwansa, Jakarta, Senin (8/1/2024).

Drajad tak menjelaskan secara detail sumber penerimaan negara yang belum terkumpul tersebut. Namun, ia mengatakan, jika upaya tersebut bisa dilakukan, dalam waktu 30 menit penerimaan negara bisa mencapai Rp 400 miliar.

Baca juga: Gibran Janji Lebur DJP dan Bea Cukai Jadi Badan Penerimaan Negara

"Ini real pengalaman saya, sewaktu saya di kantor yang satu itu dan saya melakukannya sendiri kita uji coba dalam 30 menit uang negara terkumpul Rp 400 miliar," ujarnya.

"Ada beberapa sumber penerimaan yang bisa kita gali di sana," sambungnya.

Drajad mengatakan, pihaknya juga memastikan pendanaan program Asta Cita tidak akan mengganggu tarif Pajak Penghasilan (PPh) dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

"Kita pastikan tidak ada kenaikan tarif PPH dan PPN kecuali yang sudah diumumkan sebelumnya ini untuk menekan risiko crowding out antara belanja negara dan konsumsi dan investasi," ucap dia.

Baca juga: Sistem CTAS Diharapkan Mampu Mudahkan Wajib Pajak dan Dorong Penerimaan Negara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com