Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paslon 01 Anies-Muhaimin Target Bauran EBT Capai 23 Persen pada 2029 

Kompas.com - 10/01/2024, 18:04 WIB
Elsa Catriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon Presiden  dan Wakil Presiden 2024 Anies Baswedan-Muhammad Iskandar menargetkan Indonesia bisa mencapai bauran energi baru terbarukan (EBT) bisa mencapai 23 persen pada 2029 mendatang. 

Sekretaris Dewan Pakar Timnas Paslon 1 Anies Baswedan-Muhammad Iskandar (Amin) Wijayanto Samirin tak menampik bahwa target itu lebih mundur dari target yang ditentukan oleh pemerintah. 

Adapun pemerintah melalui Kementerian ESDM menargetkan capaian EBT itu bisa terlaksana pada 2025 mendatang. 

Dia bilang target tersebut harus realistis sebab menurut dia saat ini bauran EBT baru mencapai 12 persen. Sementara siswa waktu yang dimiliki pemerintah sendiri setahun lagi. 

“Yah ini memang sedikit lebih mundur dari target pemerintah karena kita memang sedikit lebih mundur dari target pemerintah itu karena memang mengharapkan target itu yah realistis. Boleh progresif tapi realistis dan menurut hitung-hitungan kami 23 persen di tahun 2029,” ujarnya  dalam jumpa pers Dialog Capres Bersama Kadin di Jakarta, Rabu (10/1/2024).

Baca juga: Ambisi Gibran, RI Jadi Raja Energi Hijau Dunia, Ekonom: Bisa Tercapai, asal Bauran EBT 44 Persen pada 2030

Untuk mencapai target tersebut pun Paslon nomor urut 1 itu sudah memiliki langkah strategi yakni dengan meningkatkan pemanfaatan kontribusi panas bumi atau Geothermal.  

Wijayanto bilang selama ini pemanfaatan panas bumi baru mencapai 8 persen. “Padahal ketersediaannya di dunia mencapai 40 persen. Kita akan lakukan banyak kebijakan di aspek itu,” katanya. 

Selain pemanfaatan panas bumi, pemanfaatan sumber daya alam dari air dan bioufuel juga menjadi langkah yang akan ditempuh untuk mendongkrak proporsi EBT itu. 

 Di sisin lain pihaknya juga tak memungkiri tetap berharap adanya pendanaan dari investor untuk berinvestasi di bidang solar panel.

“Karena solar panel itu  bisa kita jadikan alternatif yang visibel, namun secara pendanaan sekarang terlalu mahal,” kata dia. 

Baca juga: Indonesia Targetkan Bauran Energi Baru Terbarukan Capai 23 Persen di 2025


Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan, Indonesia menargetkan bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) mencapai 23 persen di tahun 2025. 

Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan, hingga akhir 2022 lalu, capaian bauran EBT baru mencapai 12,3 persen. 

"Banyak memang kita juga bertarget di tahun 2025, target 23 persen energi kita berasal dari EBT. Per sekarang akhir tahun lalu, itu capaian 12,3 persen jadi masih jauh ke 23 persen," kata Dadan webinar "Kontribusi Sawit terhadap Net Zero Emissions Indonesia" secara virtual, Rabu (24/5/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com