Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia-Vietnam Kerja Sama Budidaya Lobster agar Masuk Rantai Pasok Global

Kompas.com - 10/01/2024, 20:55 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono memastikan kerja sama pengembangan budidaya lobster antara Indonesia dengan Vietnam untuk kepentingan masuk dalam rantai pasok global (global supply chain).

Kerja sama ini juga diharapkan memperkuat posisi sebagai pemasok perikanan budidaya di kawasan Asia.

"Kita harus belajar. Sebagai negara tetangga, saya katakan kita harus bisa menjadi bagian dari global supply chain kalau misalnya Indonesia-Vietnam bersatu. Vietnam hebat, tarif masuk (produk perikanan) ke Eropa nol persen, nilai ekspornya di atas 10 miliar dollar AS. Kita masih belum. Ini kalau kita bersama-sama, saya katakan sama Vietnam, kita akan jadi jagoan di kawasan," ujar Menteri Trenggono dalam dalam Outlook dan Program Prioritas Sektor Kelautan dan Perikanan 2024 di Jakarta, Rabu (10/1/2024).

Baca juga: Menteri Trenggono Ingin RI Punya Peran Strategis di Pasar Lobster Dunia

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin bersama Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono melakukan panen udang vannamei di lokasi Budidaya Udang Berbasis Kawasan (BUBK) di Kebumen, Jawa Tengah, Senin (26/6/2023). Dokumentasi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin bersama Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono melakukan panen udang vannamei di lokasi Budidaya Udang Berbasis Kawasan (BUBK) di Kebumen, Jawa Tengah, Senin (26/6/2023).

Langkah ini sebagai upaya menjadikan Indonesia sebagai bagian dari rantai pasok (supply chain) perikanan dunia.

Trenggono mengakui, malam ini bertolak ke Vietnam mendampingi Presiden Joko Widodo, ia juga menuturkan kunjungan itu salah satunya terkait kerja sama perikanan termasuk soal pengembangan budidaya lobster di Indonesia.

Menteri Trenggono memaparkan, KKP dengan Kementerian Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Vietnam sebelumnya telah menandatangani kerja sama perikanan tahun lalu.

Dengan demikian, dengan kunjungan kenegaraan ini, realisasi dari kerja sama tersebut bisa segera dilakukan.

Baca juga: Cegah Penyelundupan, Vietnam Ditawari Tanam Investasi Benih Lobster di RI

"Malam ini saya pergi ke sana mendampingi Bapak Presiden, pertama kerja sama soal sektor perikanan. Jadi umum. Terus kemudian yang kedua salah satunya untuk melanjutkan, jadi mempercepatlah karena MoU-nya sudah ditandatangani. Jadi kita tinggal peresmian penandatangan MoU sektor perikanan itu. lobster, BBL salah satunya ada di dalam perjanjian itu," ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com