Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Tips dan Cara Melamar Kerja yang Baik

Kompas.com - 10/01/2024, 23:27 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Melamar pekerjaan melibatkan serangkaian langkah untuk memastikan bahwa Anda memberikan kesan positif kepada calon pemberi kerja atau HRD perusahaan.

Ada beberapa hal yang perlu Anda disiapkan sebelum melamar kerja di perusahaan. Salah satunya, mempersiapkan dan memperbaiki curriculum vitae (CV).

Selain memperbaiki CV, terdapat beberapa tips dan cara melamar kerja yang baik dan benar agar Anda bisa lolos ke tahap selanjutnya.

Baca juga: Lelang Sukuk Negara, Pemerintah Kantongi Rp12 Triliun

Dilansir dari akun Instagram resmi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), berikut beberapa tips tentang cara melamar pekerjaan secara online yang baik dan benar.

1. Kualitas isi CV

Seperti disebutkan sebelumnya, hal pertama yang harus dilakukan sebelum melamar kerja adalah memperbaiki CV. 

Kualitas isi CV akan memengaruhi kesempatan untuk dipanggil HRD ke tahap selanjutnya. Karena itu, gunakan format CV yang sesuai dengan posisi yang diambil.

Selain itu, gunakan font yang jelas dan tidak berlebihan. Font Serif bisa jadi contoh font formal atau Sans Serif untuk nonformal.

Jangan lupa berikan detail informasi yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Cantumkan informasi yang sebenar-benarnya dan tidak berlebihan.

Baca juga: Ganjar-Mahfud Bakal Genjot Transisi Energi, Manfaatkan Tenaga Surya hingga Panas Bumi

2. Gunakan format PDF

Masih banyak pelamar kerja yang mengirim file dalam bentuk Ms. Word atau format lainnya. File dalam bentuk Ms. Word atau jpg kadang menyulitkan HRD saat melakukan pengecekan data.

File tersebut kadang tidak rapi sehingga membuat HRD kesulitan membacanya. File PDF bisa dibuka di perangkat apapun tanpa mengubah format file. Sehingga memudahkan perekrut dalam mengecek dokumen.

Saat akan mengirimkan dokumen apapun jangan lupa ubah dulu formatnya ke PDF. Ada banyak aplikasi atau website penyedia layanan pengubah format ke PDF. Kebanyakan layanan tersebut gratis dan bisa diatur ukuran file-nya.

Baca juga: Sandiaga: Pelaku Usaha Pariwisata di Bali Protes Keras Kenaikan Pajak Hiburan

3. Menyatukan semua dokumen dalam satu file PDF

Ada beberapa lowongan kerja yang membutuhkan banyak dokumen. Kebanyakan dokumen tersebut adalah sertifikat keahlian.

Jika dikirimkan tanpa dijadikan satu, akan memakan banyak memori. Bagian personalia juga kerepotan saat mengunduh dokumen Anda.

Sebelum dikirim jadikan satu semua dokumen persyaratan. Setelah disatukan jangan lupa ubah format dalam bentuk PDF.

4. Mengisi badan email

Banyak pelamar kerja yang belum paham cara melamar pekerjaan lewat email. Tidak sedikit yang asal mengirim email dan dokumen tanpa mengisi badan email.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com