Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Rincian Kurs Rupiah Hari Ini di Bank Mandiri hingga BRI

Kompas.com - 15/01/2024, 11:00 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS bergerak melemah di pasar spot pada Senin (15/1/2024).

Melansir data Bloomberg, pukul 09.36 WIB, rupiah berada pada level Rp 15.554 per dollar AS. Rupiah melemah 4 poin atau 0,02 persen dibanding penutupan sebelumnya di level Rp 15.550 per dollar AS.

Pengamat pasar uang Ariston Tjendra mengatakan, rupiah masih berpeluang melemah terhadap dollar AS di awal perdagangan pekan ini.

 

Baca juga: IHSG Menguat di Awal Sesi, Rupiah Melemah

Ilustrasi warga menunjukkan uang baru. Simak lokasi layanan penukaran uang rupiah baru di wilayah Tasikmalaya selama periode Ramadhan 2023 dan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Ilustrasi warga menunjukkan uang baru. Simak lokasi layanan penukaran uang rupiah baru di wilayah Tasikmalaya selama periode Ramadhan 2023 dan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Ketegangan geopolitik di Timur Tengah di mana AS dan Inggris menyerang Houthi di Yemen serta Turkiye menyerang kelompok Kurdi di Irak dan Suriah, mendorong pelaku pasar masuk ke aset aman di dollar AS dan emas.

“Selain itu, data neraca perdagangan Indonesia bulan Desember yang mungkin memperlihatkan surplus yang semakin menurun bisa memberikan sentimen negatif ke rupiah," kata Ariston. 

 

Menurut dia, rupiah hari ini berpeluang melemah ke level Rp 15.600 per dollar AS, dengan potensi support di kisaran Rp 15.530 per dollar AS. 

Sementara itu, mengacu kurs tengah Jisdor, nilai tukar rupiah pada Jumat (12/1/2024) pada level Rp 15.559 per dollar AS, atau melemah dibandingkan dengan nilai tukar Kamis (11/1/2024) pada level Rp 15.558 per dollar AS.

Baca juga: Rupiah Melemah 0,21 Persen dalam Sepekan, Ini Penyebabnya

Adapun kurs rupiah di bank-bank besar di Indonesia, seperti di Bank Mandiri, kurs jual dipatok pada Rp 15.565 per dollar AS. Kurs jual berarti pihak bank menjual dollar AS pada posisi ini.

Sementara untuk kurs beli di Bank Mandiri adalah Rp 15.545 per dollar AS. Kurs beli ini berarti bila Anda ingin menjual dollar AS maka pihak bank akan membelinya pada posisi ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com