Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei Ipsos: Shopee Live Jadi Fitur "Live Streaming" Paling Populer di Kuartal III-2023

Kompas.com - 15/01/2024, 17:40 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ipsos melakukan survei terkait tren live streaming e-commerce bagi penjual selama kuatual ketiga 2023.

Survei tersebut melibatkan responden yang mayoritas pemilik brand lokal dan UMKM di Indonesia yang memanfaatkan berbagai fitur live streaming di marketplace melalui IPSOS Online Panel.

Berdasarkan hasil survei Ipsos, Shopee Live menjadi fitur live streaming yang paling disukai oleh brand lokal dan UMKM.

Baca juga: Shopee Pastikan Tak Ada Layanan Cross Border Barang Luar Negeri di Platformnya

"Shopee Live memimpin pada indikator fitur live streaming yang paling populer (Awareness) bagi para brand lokal dan UMKM dengan persentase 96 persen, diikuti oleh TikTok Live (87 persen), Lazada Live (71 persen), dan Tokopedia Play (62 persen)," kata Executive Director IPSOS Indonesia Andi Sukma dalam konferensi pers secara virtual, Senin (15/1/2024).

Andi mengatakan, hasil survei juga menunjukkan bahwa fitur Shopee Live menjadi saluran live streaming utama yang digunakan para brand lokal dan UMKM dalam memasarkan produk. Kemudian disusul oleh fitur TikTok Live, Lazada Live, dan Tokopedia Play.

"Shopee Live (88 persen) kembali terpilih sebagai saluran utama, diikuti oleh TikTok Live (61 persen), Lazada Live (35 persen) dan Tokopedia Play (27 persen)," ujarnya.

Andi mengatakan, kehadiran fitur live streaming atau berjualan secara real-time memberikan banyak manfaat bagi penjual khususnya brand lokal dan UMKM.

Dari data Ipsos, platform penjualan live streaming ini mampu memberikan peningkatan omset (73 persen), ekspansi jangkauan pasar (68 persen), penghematan biaya promosi (64 persen).

"Kemudahan berinteraksi dengan pelanggan online secara real-time (60 persen), dipercaya oleh pelanggan (59 persen), lebih aman dalam transaksi (49 persen), serta merasa lebih unggul dalam persaingan (37 persen)," tuturnya.

Terakhir, Andi mengatakan, hasil survei menunjukkan bahwa dalam perbandingan antara platform e-commerce, lebih dari setengah brand lokal dan UMKM atau 62 persen memilih Shopee Live sebagai fitur live streaming yang memberikan peningkatan omzet terbesar bagi bisnis mereka. Kemudian diikuti TikTok Live (26 persen), Tokopedia Play (7 persen), dan Lazada Live (6 persen).

"Hal ini sejalan dengan hasil temuan survey IPSOS di mana Shopee Live dianggap sebagai live streaming yang menawarkan gratis ongkir paling banyak untuk brand lokal & UMKM (65 persen), diikuti oleh TikTok Live (20 persen), Lazada Live (8 persen), dan Tokopedia Play (7 persen)," ucap dia.

Baca juga: Dua Model Algoritma di TikTok Shop, Penjual Wajib Tahu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com