Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perumnas-KAI Bangun Stasiun KRL Baru Lumpang Parayasa di Parung Panjang

Kompas.com - 19/01/2024, 06:00 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perum Perumnas dan PT KAI (Persero) bakal membangun Stasiun KRL baru yang diberi nama Stasiun Lumpang Parayasa. Stasiun ini berada di antara relasi Stasiun Parung Panjang dan Stasiun Cilejit.

Lokasi tersebut ditetapkan seiring dengan dilakukannya pengembangan kawasan hunian Samesta Parayasa di Parung Panjang, Bogor oleh Perumnas. Ini merupakan hunian tapak pertama Perumnas berskala besar dengan konsep kawasan berorientasi transit (Transit Oriented Development/TOD).

"Bersama dengan Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, KAI dan Perumnas bersinergi untuk membangun dan mengembangkan Stasiun Lumpang Parayasa guna meningkatkan akses dari dan menuju Samesta Parayasa dan sekitarnya," ujar Direktur Utama Perum Perumnas Budi Saddewa Soediro dalam keterangannya, Kamis (18/1/2024).

Baca juga: Bos KCI: Jumlah Penumpang KRL Jabodetabek Sepanjang 2023 Hampir Menyamai Sebelum Pandemi

Adapun kerja sama keduanya ditandai dengan penandatangan komitmen oleh Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Mohamad Risal Wasal, Direktur Utama Perumnas Budi Saddewa Soediro, dan Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo yang disaksikan oleh Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Isma Yatun di Kantor Pusat BPK pada (17/1/2024).

Budi menuturkan, pembangunan stasiun KRL baru ini diharapkan dapat mendukung mobilitas penghuni kawasan Samesta Parayasa maupun masyarakat sekitar kawasan Parung Panjang.

Ia menilai, dengan adanya Stasiun Lumpang Parayasa yang mendukung implementasi hunian berkonsep TOD pada Samesta Parayasa, secara tidak langsung dapat berkontribusi menanggulangi masalah kemacetan dan polusi udara serta mengurangi tingkat stress di perjalanan.

Dengan demikian, kehadiran stasiun KRL baru di kawasan Parung Panjang itu dapat memberikan efek berlipat ganda atau multiplier effect tidak hanya bagi para penghuni namun juga masyarakat sekitar.

"Tentu kami harapkan dapat meningkatkan mobilitas dan produktivitas masyarakat dengan mempersingkat waktu tempuh dari dan menuju Jakarta," kata Budi.

Baca juga: Jangan Sampai Salah Transit, Stasiun LRT Cawang Tak Terhubung dengan Stasiun KRL Cawang

 


Sebagai informasi, Samesta Parayasa sendiri merupakan bagian dari program Hunian Milenial untuk Indonesia yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada April 2023 lalu, yang diyakini mampu menyerap lebih dari 50 persen konsumen milenial.

Adapun secara keseluruhan, Perumnas telah melakukan pengembangan kawasan perumahan di Parung Panjang Bogor dengan total seluas 600 hektar atau setara lebih dari 34.000 jiwa pada lima sektor kawasan yang dibangun, di mana Samesta Parayasa yang seluas 200 hektar merupakan pengembangan terakhir pada sektor lima yang sedang digarap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com