Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantah Paslon Lain, Gibran Sebut Ada "Food Estate" Berhasil di Gunung Mas Kalimantan Tengah

Kompas.com - 21/01/2024, 22:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengatakan ada program food estate yang berhasil di Indonesia ketika menanggapi pertanyaan dari cawapres nomor urut 3 Mahfud MD.

Hal ini disinggung lantaran Gibran menyebut, pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 dan 3 menilai proyek food estate sebagai produk yang gagal.

"Saya tegaskan sekali lagi Pak, memang ada yang gagal, tapi ada yang sudah berhasil juga, yang sudah panen," kata dia dalam debat ke-2 Cawapres di Senayan JCC, Minggu (21/1/2024).

Ia menceritakan, program food estate di Gunung Mas, Kalimantan Tengah dinilai berhasil. Adapun, food estate tersebut menghasilkan komoditas seperti jagung dan singkong.

"Cek saja nanti datanya," imbuh dia.

Baca juga: Saat Muhaimin dan Mahfud MD Kompak Soroti Kegagalan Food Estate...

Lebih lanjut, Gibran meminta cawapres nomor urut 3 Mahfud MD tidak memberikan narasi yang menakutkan kepada masyarakat terkait impor pangan.

"Kita jangan memberikan narasi menakutkan kepada warga,"

Gibran menerangkan, calon pemimpin seharusnya memiliki optimisme.

"Jangan memberikan narasi-narasi yang menakutkan kepada warga dan masyarakat," tandas dia.

Baca juga: Muhaimin Kritik Food Estate dan Tanggul Laut Raksasa

 


Sebagai informasi, program food estate merupakan program pemerintah yang memiliki konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan di suatu kawasan.

Program kebijakan ini masuk dalam salah satu Program Strategis Nasional (PSN) dalam periode 2020-2024

Program tersebut dilaksanakan di sejumlah wilayah, termasuk Kalimantan Tengah, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Papua.

Sementara pihak yang melaksanakan program itu adalah Kementerian Pertanian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pertahanan, dan Kementerian PUPR.

Food estate atau lumbung pangan merupakan program pemerintah yang digagas untuk mengantisipasi krisis pangan di Indonesia.

Program ini diintikan pada sektor pertanian, perkebunan, termasuk peternakan. Adapun komoditas yang ditanam antaranya cabai, padi, singkong, jagung, kacang tanah, dan kentang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com