Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cak Imin: Harus Ada Langkah Ekstra untuk Tangani Krisis Iklim

Kompas.com - 22/01/2024, 00:07 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengatakan bahwa menangani krisis iklim yang terjadi di Indonesia memerlukan langkah ekstra.

"Kita harus ada langkah extraordinary (luar biasa) agar bencana iklim, kerusakan lingkungan, bencana longsor di mana-mana tidak terus menghampiri," kata Cak Imin usai debat cawapres yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, pada Minggu (21/1/2024) malam.

Cak Imin menuturkan pemerintah perlu mengambil langkah antisipatif agar bencana bisa diprediksi sehingga tidak menimbulkan akibat yang berdampak besar.

Baca juga: Gibran Sebut Hilirisasi Akan Bantu Indonesia Keluar dari Middle Income Trap

Menurut dia, debat kali ini sudah sesuai dengan substansi yang disampaikan sehingga dia yakin perlu adanya langkah ekstra untuk menangani kerusakan lingkungan.

Maka dari itu, dia mengajak masyarakat untuk memiliki pandangan serius untuk menangani krisis iklim yang nyata terjadi.

"Tinggal rakyat menilai, saya sungguh merasa krisis iklim sudah dalam level tidak boleh dianggap biasa-biasa saja," tuturnya.

Baca juga: Mahfud MD Bakal Bikin Badan Khusus untuk Tangani Konflik Agraria

Sebelumnya dalam debat, Muhaimin menyebut anggaran untuk perubahan iklim di Indonesia masih rendah. Dia menyampaikan, anggaran untuk krisis iklim di Indonesia jauh dibandingkan sektor-sektor lainnya.

"Kita melihat krisis iklim tidak diatasi serius. Bahkan ditunjukkan anggarannya jauh di bawah sektor-sektor lainnya," kata Cak Imin.

Dia menilai, upaya mengatasi krisis iklim harus dimulai dengan etika pembangunan yang seimbang antara manusia dan alam.

Baca juga: Mahfud MD Sebut 20.000 Masyarakat Adat Tidak Bisa Ikut Pemilu 2024 gara-gara Tak Punya KTP

 

"Pembangunan nasional harus beranjak pada keadilan iklim, keadilan ekologi, keadilan antargenerasi, keadilan agraria, dan keadilan sosial," tuturnya.

Cak Imin juga mengkritik rencana pembangunan tanggul laut raksasa atau giant sea wall yang tidak menjawab akar masalah krisis iklim.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com