Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Kaleidoskop Sinar Mas 2023, Berdayakan UMKM hingga Mitigasi Perubahan Iklim

Kompas.com - 03/01/2024, 18:44 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sinar Mas bersama pilar usahanya menegaskan komitmen untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi dalam berbagai hal sepanjang tahun 2023.

Pertama, kontribusi dalam memberdayakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui perayaan Imlek Nasional di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (29/1/2023).

Board Member Sinar Mas, yang juga Ketua Panitia Acara Imlek Nasional 2023 Franky Oesman Widjaja berharap, partisipasi UMKM dalam perayaan Imlek Nasional dapat menjadi jendela untuk memperkenalkan berbagai kuliner khas Nusantara dan sebagai simbol dukungan kepada para pelaku usaha.

“Kami mengajak seluruh pemangku kepentingan dan pelaku usaha untuk berkomitmen, bergotong royong dalam menyukseskan program UMKM naik kelas, dengan memberikan mereka pendampingan melekat,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (3/1/2024).

Baca juga: Cerita Budijanto Merintis Semaya Clay, Rajin Ikut Bazar di Dalam dan Luar Negeri

Kedua, Sinar Mas menggelar bazar minyak goreng di beberapa kota pada Februari 2023 sebagai rangkaian menyambut bulan Ramadhan.

Dengan melibatkan berbagai pilar usahanya, Sinar Mas menyumbangkan lebih dari 135.000 liter minyak goreng dalam kemasan dengan harga khusus.

Sejalan dengan itu, Sinar Mas juga menyumbangkan lebih dari 65.000 mushaf Al-Qur'an kepada pemerintah, lembaga pendidikan, dan organisasi masyarakat, menunjukkan komitmen mereka dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

Baca juga: Sektor Pertanian Kalteng Tumbuh Positif, Gubernur Sabran: Tidak Lepas dari Kontribusi Semua Pihak

Sinar Mas Digital Day 2023

Merambah ke dunia digital, Sinar Mas mengadakan acara bertajuk “Sinar Mas Digital Day 2023” di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD) City, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu (9/7/2023).

Acara tersebut menjadi platform untuk memamerkan inovasi terbaru dan model bisnis kolaboratif, termasuk upaya mempercepat integrasi pelaku UMKM ke dalam ekosistem digital.

Franky menjelaskan bahwa acara tersebut memiliki dua tujuan utama. Pertama, sebagai platform untuk memamerkan inovasi dan model bisnis kolaboratif terbaru dari pilar usaha dan perusahaan portofolio Sinar Mas.

Kedua, dengan digitalisasi ini kita bisa lebih inklusif kepada pelaku usaha, sejalan dengan program UMKM naik kelas,” ucapnya, Sabtu (10/6/2023).

Baca juga: Bertemu Petani, Buruh Nelayan, dan UMKM Banten, Kaesang Dikira Gibran

Tak hanya itu, Sinar Mas juga aktif terlibat dalam transisi menuju energi hijau melalui kolaborasi dengan PT Daya Sukses Makmur Selaras dan PT Agra Surya Energi bersama Trina Solar pada Agustus 2023.

Sebagai informasi, PT Daya Sukses Makmur Selaras adalah anak usaha dari PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA) yang bergerak dalam pengembangan panas bumi.

Dalam kolaborasi tersebut dilakukan pembangunan pabrik manufaktur sel surya dan modul surya terintegrasi pertama di Indonesia, yang berlokasi di Kendal, Jawa Tengah (Jateng).

"Kehadiran fasilitas produksi di Kendal adalah komitmen perusahaan di bawah naungan Sinar Mas untuk mendukung percepatan transisi energi, dengan tujuan menurunkan pelepasan emisi karbon hingga 31 persen pada 2050," ujar Managing Director Sinar Mas Ferry Salman.

Baca juga: Tekan Emisi Karbon, Perhutani Gandeng Pertamina Garap Proyek NEBS

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com