Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapitalisasi Pasar Induk Facebook, Meta Tembus 1 Triliun Dollar AS

Kompas.com - 25/01/2024, 10:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Kapitalisasi pasar Meta Platform atau induk dari Facebook menembus nilai 1 triliun dollar AS atau sekitar Rp 15.731 triliun (kurs 15.731 per dollar AS).

Mengutip CNBC, kapitalisasi pasar perusahaan milik Mark Zuckerberg itu sebelumnya berada di sekitar 980-an triliun dollar AS.

Kenaikan kapitalisasi pasar Meta Platform juga seiring dengan kenaikan harga saham perusahaan tersebut.

Pada perdagangan Rabu, (14/1/2024) waktu setempat saham Meta naik 1 persen ke level 390 dollar AS per saham, sekaligus mencatatkan rekor.

Baca juga: Saham Netflix Melonjak, Nasdaq da S&P 500 Berakhir Menguat

Meta terakhir kali melampaui kapitalisasi pasar 1 triliun dollar AS pada tahun 2021, ketika masih dikenal sebagai Facebook.

Ini adalah pertama kalinya perusahaan mencapai sejarah baru tersebut. Pada September 2021, kapitalisasi pasar Meta mendekati 1,1 triliun dollar AS.

Melonjaknya kinerja saham perusahaan terjadi setelah lonjakan hampir 200 persen harga sahamnya tahun lalu, ketika CEO Mark Zuckerberg menerapkan langkah-langkah pemotongan biaya yang mengakibatkan lebih dari 20.000 PHK.

Zuckerberg menggambarkan tahun 2023 sebagai “tahun efisiensi” setelah sahamnya anjlok ke level terendah dalam enam tahun pada tahun 2022.

Baca juga: Teknologi Meta Human, Masa Depan Bisnis Dunia Virtual

Saham Meta mencapai puncaknya pada sekitar 396 dollar AS per saham selama perdagangan intraday Rabu. Sahamnya naik lebih dari 10 persen tahun ini pada penutupan pasar Rabu.

Para pemegang saham optimis bahwa Meta mampu memperkuat posisinya sebagai perusahaan yang paling berpengaruh dalam kecerdasan buatan atau AI.

Pekan lalu, Zuckerberg mengatakan Meta akan memperoleh 350.000 kartu grafis H100 dari Nvidia pada akhir tahun ini serta hampir 600.000 komputasi yang setara dengan H100.

Ini menunjukkan bahwa perusahaan tersebut menghabiskan miliaran dollar AS untuk upaya mendorong bisnis AI.

Baca juga: Harga Saham 2 Emiten Baru Turun Menuju Gocap


Meta akan melaporkan hasil pendapatan perusahaan untuk kuartal IV 2023 pada 1 Februari 2024 mendatang.

Pada akhir perdagangan Rabu, saham Microsoft juga mencapai tonggak sejarah lewat kapitalisasi pasar perusahaan dengan nilai diatas 3 triliun dollar AS, atau hampir dua minggu setelah menyalip Apple sebagai perusahaan publik dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com