Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung UMKM, Bentoel Group Salurkan 100 Unit Gerobak untuk Pelaku Usaha di Jabodetabek

Kompas.com - 26/01/2024, 13:50 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bentoel Group telah menyalurkan 100 unit Kedai UMKM Berdaya kepada para pelaku UMKM di Jabodetabek dan Jawa Timur. Hal ini dilakukan dalam upaya mendukung dan mendorong perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia,

Dalam acara tersebut, Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Ida Fauziyah dan Direktur Hubungan Eksternal Bentoel Group Dian Widyanarti menyerahkan 100 gerobak ke pelaku UMKM dari berbagai daerah di Jabodetabek, di Rempoa, Tangsel pada Selasa (23/1/2024).

"Penyerahan donasi ini merupakan wujud komitmen Bentoel Group untuk berperan aktif dalam meningkatkan ekonomi mikro di Indonesia," kata Dian Widyanarti dalam keterangan tertulisnya, Jumat (26/1/2024).

Baca juga: UMKM Ingin Dapat Layanan Permodalan? Simak Ini

Dian menambahkan, Bentoel Group terus berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam mengembangkan ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Melalui kerja sama dan dukungan berbagai pihak dan pemerintah, Bentoel Group ingin turut berkontribusi dalam memajukan UMKM Indonesia, salah satunya dengan penyediaan kebutuhan dasar usaha, berupa kedai untuk berjualan.

"Semoga donasi kecil ini dapat membantu para penerima dalam memulai usaha dan akhirnya membawa rejeki bagi keluarga," pungkasnya.

Baca juga: Produk UMKM Kini Bisa Dibeli dari Vending Machine di Stasiun Gondangdia-Gambir

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam acara itu mengapresiasi kontribusi positif yang diberikan Bentoel Group.

“Inisiatif Bentoel Group dalam memberikan 100 unit gerobak kepada UMKM sangatlah berarti dalam mendukung kemandirian ekonomi para pelaku UMKM," ujarnya.

Menurut Menaker, peran UMKM di Indonesia sangat penting karena saat ini UMKM telah berhasil menyerap sekitar 97 persen lapangan kerja.

"Semoga kedai ini dapat membantu masyarakat untuk memulai dan mengembangkan usaha yang pada akhirnya semoga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga," kata Menaker.

Baca juga: Dorong Kemajuan UMKM di Maluku Utara, IWIP Gelontorkan Rp 700 Miliar dalam 3 Tahun Terakhir

Digitalisasi UMKM

Sebagai informasi, Kemenkop UKM memiliki target di 2024 nanti sebanyak 30 juta UMKM atau setengah dari total pelaku UMKM yang sebanyak 64,2 juta bisa terdigitalisasi.

Pada 2021, UMKM yang telah terdigitalisasi mencapai 17,28 juta atau melampaui target pemerintah sebanyak 13,5 juta karena pandemi COVID-19 mengakselerasi penggunaan teknologi digital oleh UMKM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com