Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Penumpang Gagal Terbang, Simak Ketentuan Bagasi Pesawat Etihad Airways

Kompas.com - 26/01/2024, 18:21 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu ini viral di media sosial mengenai video penumpang pesawat Etihad Airways yang gagal terbang akibat kelebihan bagasi kabin.

Dalam video yang diunggah akun TikTok @is.tyy_ yang saat ini videonya beredar di media sosial X maupun TikTok, terlihat seorang wanita dan beberapa petugas yang memakai baju batik berwarna merah di garbarata menuju pintu pesawat.

"Nih guys saya gagal berangkat karena dibatalin sama Etihad. Itu kenapa Pak alasannya Pak?" kata wanita tersebut kepada petugas.

Baca juga: Simak Aturan Lengkap Bagasi di Kereta Api agar Tidak Kena Biaya Tambahan

Namun petugas enggan menjelaskan kepada wanita yang merekam video tersebut. Petugas itu dan teman-temannya masih tetap menghalangi penumpang wanita untuk menuju pintu pesawat.

Wanita tersebut menjelaskan, dia gagal terbang karena barang bawaannya melebihi aturan maksimal bagasi pesawat.

Dia bilang, sudah meminta petugas untuk mengizinkannya menaruh kelebihan barang itu ke lounge bandara. Namun petugas menolak dan tetap tidak memperbolehkan wanita tersebut masuk ke pesawat.

"Tiket saya di-cancel, padahal waktu boarding masih 30 menit lagi. Alasan karena barang kabin saya berlebih. Saya sudah kurangi harusnya case selesai namun mereka mencari kesalahan saya," terang wanita tersebut di dalam videonya.

Baca juga: Menhub Ancam Denda Maskapai Nakal yang Nekat Langgar TBA Tiket Pesawat

Lalu seperti apa aturan bagasi yang boleh dibawa penumpang ke kabin pesawat Etihad Airways?

Dilansir dari laman resmi Etihad Airways, maskapai asal Uni Emirat Arab ini memiliki sejumlah ketentuan yang harus ditaati penumpang ketika menggunakan layanannya.

Setiap penumpang berhak atas bagasi kabin gratis dengan batasan tertentu karena tarif tiketnya sudah termasuk bagasi kabin gratis.

Setiap kelas pelayanan maskapai Etihad terdapat aturan maksimal bagasi kabin.

Di kelas ekonomi, penumpang diperbolehkan membawa satu tas yang beratnya maksimal 7 kilogram (kg) dan dimensi maksimal 56cm x 36cm x 23cm ke dalam kabin pesawat.

Baca juga: AirNav Upayakan Penghapusan Utang Maskapai yang Berhenti Beroperasi

Penumpang kelas ekonomi juga tidak diperbolehkan membawa barang pribadi tambahan ke dalam pesawat.

Sementara untuk kelas bisnis, first, dan the residence, diperbolehkan membawa 2 tas dengan berat gabungan maksimal 12 kg dan dimensi maksimal 56cm x 36cm x 23cm.

Pada kelas layanan ini, penumpang diperbolehkan membawa 1 barang pribadi seperti tas laptop yang beratnya maksimal 5 kg. Namun barang pribadi ini tidak boleh lebih besar dari 23cm x 39cm x 19cm.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com