BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan BRI Prioritas

Mengelola Masa Depan Finansial yang Cerah Bersama Financial Advisor BRI Prioritas

Kompas.com - 29/01/2024, 16:02 WIB
Hotria Mariana,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

 

 

KOMPAS.com - Masa depan finansial adalah hal penting yang perlu direncanakan oleh setiap orang. Setidaknya, ada tiga alokasi keuangan yang perlu dipersiapkan demi mewujudkan masa depan finansial yang cerah.

Ketiga alokasi keuangan itu adalah tabungan, investasi, dan dana darurat dengan minimal enam kali dari pengeluaran bulanan.

Di samping itu, cara Anda menganggarkan keuangan setiap bulan juga dapat menjadi penentu seberapa lama Anda mencapai financial freedom.

Penganggaran keuangan yang ideal dan dapat membantu Anda mempertahankan kekayaan umumnya terdiri dari cash flow dan dana darurat (40 persen), pengelolaan utang (30 persen), tujuan keuangan, investasi, dan asuransi (15 persen), rencana pensiun (10 persen), dan distribusi kekayaan atau pewarisan aset (5 persen).

Baca juga: Lewat Optimalisasi Teknologi Digital, Nasabah BRI Prioritas Ditargetkan Tumbuh 15 Persen hingga Akhir 2022

Hal itu pun diamini oleh perencana keuangan Patrick Rush. Dilansir dari Business Insider, Selasa (8/8/2023), Rush membeberkan empat hal yang sering dilakukan para orang mapan secara finansial (affluent) dalam mempertahankan kekayaannya.

Pertama, mereka mempertahankan dan bahkan membangun kekayaan mereka dari waktu ke waktu dan memiliki rencana keuangan yang komprehensif.

Rencana keuangan tersebut tidak hanya mencakup cara mereka membelanjakan dan menabung, tetapi juga mencakup seluk-beluk anggaran dan pengeluaran keluarga, jenis asuransi yang dimiliki, perencanaan warisan, pajak, tunjangan pemberi kerja, dan rencana investasi.

Dalam pengelolaan dan perencanaan keuangan, mereka menggunakan bantuan profesional, seperti financial advisor atau penasihat keuangan yang dapat memberikan panduan dalam menjaga keamanan finansial.

Kedua, kebanyakan klien Rush tidak memikirkan untuk memperdagangkan saham. Mereka tidak berpikir untuk mencoba memprediksi pergerakan pasar atau menghasilkan keuntungan besar dari saham yang sedang populer.

Sebaliknya, Rush justru mendorong kliennya untuk mengambil pendekatan jangka panjang dalam berinvestasi. Sering kali cara yang disarankan olehnya adalah membeli saham dan menyimpannya dalam jangka panjang akan menciptakan peluang kesuksesan terbaik. Bagi klien-klien kaya Rush, berinvestasi bukanlah proses yang aktif, melainkan tentang kesabaran.

Ketiga, kebanyakan orang yang mapan secara finansial memiliki perencanaan pensiun yang matang. Hal tersebut dilakukan karena mereka menyadari bahwa harapan hidup manusia semakin besar dan semakin panjang.

Dengan perencanaan yang matang, mereka dapat mempertahankan standar hidup yang sama di masa pensiun lebih lama. Mereka juga tidak perlu khawatir kehabisan uang dan dapat menikmati masa pensiun dengan nyaman.

Keempat, memanfaatkan insentif pajak. Orang yang mapan secara finansial kerap memanfaatkan keringanan dan insentif pajak karena menjadi bagian penting dari rencana keuangan.

Maka dari itu, golongan tersebut membutuhkan profesional yang mampu membantu mereka dalam pengelolaan pajak-pajak yang menjadi tanggung jawab mereka.

Butuh financial advisor

Meski terlihat mudah, kenyataannya, pengelolaan keuangan justru merupakan hal paling kompleks yang butuh pemahaman secara tepat. Misalnya dalam berinvestasi, Anda harus benar-benar mempelajari profil investasi yang dipilih. Kemudian, meninjau kembali tujuan investasi, mengecek kondisi pasar, serta menentukan diversifikasi portofolio.

Hal tersebut belum tentu bisa dilakukan secara mandiri karena cukup menyita waktu. Untuk membantu mengelola investasi dengan baik, Anda membutuhkan bantuan dari financial advisor yang andal, profesional, dan berpengalaman.

Financial advisor adalah orang yang memberikan saran dan rekomendasi mengenai produk dan strategi investasi yang sesuai dengan profil dan tujuan klien.

Financial advisor juga dapat membantu Anda melakukan financial check up, yaitu mengevaluasi kondisi keuangan secara menyeluruh, mulai dari anggaran, pengeluaran, utang, tabungan, investasi, asuransi, pensiun, hingga pengelolaan aset dan rencana pajak.

BRI merupakan salah satu lembaga keuangan yang menyediakan layanan financial advisor berkualitas dan terus berinovasi untuk untuk memberikan perencanaan dan pengelolaan finansial Anda dengan baik. Tenaga profesional ini BRI hadirkan melalui BRI Prioritas.

BRI Prioritas adalah layanan eksklusif BRI yang diperuntukkan bagi nasabah terpilih dan istimewa. Tidak hanya menghadirkan layanan perbankan prima, BRI Prioritas juga menghadirkan layanan konsultasi perencanaan keuangan yang terintegrasi.

Dengan demikian, Anda dapat mengembangkan, memproteksi, dan meneruskan kekayaan.

Produk investasi BRI Prioritas

BRI Prioritas menawarkan berbagai produk investasi yang resmi diawasi dan diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bersifat aman, dan dikelola oleh profesional. Produk investasi yang tersedia di antaranya sebagai berikut.

1. Reksa dana

Produk investasi ini menghimpun dana dari masyarakat untuk diinvestasikan ke dalam portofolio efek oleh manajer investasi (MI). BRI Prioritas menyediakan reksa dana saham, reksa dana campuran, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana pasar uang, reksa dana terproteksi, dan reksa dana penyertaan terbatas (RDPT).

2. Surat Berharga Negara (SBN)

Produk investasi yang merupakan surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia untuk membiayai kegiatan negara. SBN terdiri berbagai jenis, seperti obligasi ritel, saving bond ritel, sukuk ritel, sukuk tabungan, indon (seri obligasi USD negara Indonesia), dan seri fixed rate (FR atau seri obligasi negara Indonesia).

SBN cocok bagi Anda yang ingin berinvestasi dengan risiko rendah, imbal hasil tetap, dan jangka waktu menengah hingga panjang.

3. Obligasi korporasi

Produk investasi ini merupakan surat utang yang diterbitkan oleh perusahaan swasta atau BUMN untuk membiayai kegiatan usaha.

BRI Prioritas menyediakan obligasi korporasi yang terdiri dari berbagai jenis, seperti obligasi konvensional, obligasi syariah, obligasi berkelanjutan, obligasi beragun aset, dan obligasi subordinasi.

Obligasi korporasi cocok untuk investor yang ingin berinvestasi dengan risiko menengah, imbal hasil menarik, dan jangka waktu menengah hingga panjang.

4. Bancassurance

Produk investasi ini merupakan kerja sama antara bank dan perusahaan asuransi untuk menawarkan produk asuransi kepada nasabah bank.

Bancassurance terdiri dari berbagai jenis, seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi pensiun, dan asuransi unit link. Investasi ini cocok untuk investor yang ingin berinvestasi sekaligus mendapatkan perlindungan asuransi untuk diri sendiri dan keluarga.

5. Pengelolaan dana pensiun

Sesuai dengan namanya, produk investasi ini merupakan layanan pengelolaan dana pensiun yang ditawarkan oleh bank kepada nasabah yang ingin mempersiapkan masa pensiun. Pasalnya, hasil imbal yang diberikan optimal dengan tambahan sejumlah manfaat.

Selain financial advisor andal dan produk investasi yang bervariatif, BRI Prioritas juga memberikan berbagai keuntungan dan kemudahan bagi nasabah, seperti Sentra Layanan Prioritas yang eksklusif dan nyaman.

Kemudian, Anda akan mendapatkan informasi market update yang akurat, terkini, dan relevan, serta program loyalitas yang menarik, bermanfaat, dan beragam.

Dengan berbagai produk, layanan, dan keuntungan yang ditawarkan oleh BRI Prioritas, Anda tidak perlu ragu lagi untuk mempercayakan masa depan finansial kepada BRI. Karena #UntukPribadiTerpilih seperti Anda apa pun kebutuhan perbankanmu, #BRIPrioritas dapat menjadi solusinya.

 


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com