Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelindo Bangun Hub Logistik di Kuala Tanjung

Kompas.com - 30/01/2024, 21:35 WIB
Yohana Artha Uly,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo mendorong pengembangan kawasan industri terintegrasi pelabuhan di Kuala Tanjung menjadi Indonesia Logistic and Supply Chain Hub di Sumatera bagian Utara.

Sejumlah langkah strategis pun dilakukan Pelindo untuk mempercepat pengembangan Kawasan Industri Kuala Tanjung (KIKT) yang terintegrasi dengan Pelabuhan Kuala Tanjung.

KIKT yang terletak di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara ini dibangun dan dikelola anak perusahaan Pelindo, PT Prima Pengembangan Kawasan (PPK). Kawasan industri ini hanya berjarak satu kilometer dengan Pelabuhan Kuala Tanjung.

Baca juga: Profil Pelabuhan Kuala Tanjung, Penguat Konektivitas dan Logistik Nasional

"Pelabuhan dan industri yang terintegrasi akan membuat industri jauh lebih efisien karena tidak ada lagi additional cost yang dikeluarkan untuk transportasi," ujar Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono dalam keterangannya, Selasa (30/1/2024).

Selain itu, pengiriman barang dari dan ke pelabuhan menjadi jauh lebih cepat. Arif bilang, Pelindo akan terus mendorong terjadinya well-connected ecosystem antara pelabuhan dengan kawasan industri (hinterland) untuk memperlancar arus barang.

"Salah satu tujuannya adalah menciptakan biaya logistik yang lebih efisien dan mendorong penguatan ekonomi kawasan," kata dia.

Adapun dalam pengembangan KIKT, mulai awal tahun ini, PT PPK fokus pada pekerjaan pembersihan lahan dan pematangan lahan yang sudah dibebaskan seluas 57 hektar. Ini merupakan tahap pertama dari tiga fase pengembangan KIKT.

Baca juga: Pengamatan Kepelabuhan: Keberadaan Pelabuhan Kuala Tanjung Sudah Tepat

Sementara dua fase berikutnya adalah pekerjaan pembangunan pintu gerbang dan jalan masuk, serta fase pekerjaan infrastruktur dasar.

Seiring dengan pengembangan kawasan industri tersebut, PT PPK juga menggenjot promosi dan pemasaran melalui berbagai forum kegiatan investasi untuk menarik investasi ke KIKT.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com