Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Per 1 Februari, Parkir di Stasiun Solo Balapan Wajib "Cashless"

Kompas.com - 31/01/2024, 18:32 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Services menerapkan penggunaan kartu uang elektronik untuk transaksi pembayaran parkir di Stasiun Solo Balapan per 1 Februari 2024.

Aturan wajibnya menggunakan kartu elektronik ini berlaku untuk parkir semua jenis kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor.

Manager Humas KAI Services Nyoman Suardhita mengatakan, diterapkannya penggunaan kartu uang elektronik diharapkan bisa mempermudah pengguna area parkir di Stasiun Solo Balapan dalam melakukan transaksi pembayaran.

“Per tanggal 1 Febuari 2024 ini kita sudah menerapkan penggunaan kartu uang elektronik sebagai alat pembayaran transaksi parkir di Stasiun Solo Balapan," ujar Nyoman dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (31/1/2024).

Baca juga: Refund Tiket Kereta Api Dipotong Biaya 25 Persen, Kenapa?

Selain lebih praktis, lanjut Nyoman, penggunaan kartu uang elektronik juga dimaksudkan untuk mengurangi antrian kendaraan di pintu keluar stasiun saat jam padat.

Adapun kartu uang elektronik yang dapat digunakan untuk transaksi pembayaran parkir di Stasiun Solo Balapan rantara lain Tapcash (Bank BNI) , e-Money (Bank Mandiri), Brizzi (Bank BRI), Flazz (Bank BCA), dan Kartu Multi Trip (KMT) KRL.

Nyoman mengimbau para pengguna parkir untuk terlebih dahulu memastikan kecukupan saldo di kartu uang elektroniknya sebelum melakukan transaksi pembayaran.

Baca juga: Cara Reschedule Tiket Kereta di Stasiun

Untuk diketahui, area parkir Stasiun Solo Balapan berlokasi di Jalan Wolter Monginsidi Nomor 112 Kestalan, Kec Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Sistem pembayaran cashless ini menjadi bagian dari pelayanan KAI Services untuk semua pelanggan yang menggunakan jasa parkir di area parkir yang dikelola oleh KAI Services.

"Harapan kami, dengan diberlakukannya sistem pembayaran cashless, pelanggan lebih praktis, mudah, dan aman ketika bertransaksi di area parkir KAI Services," pungkas Nyoman.

Baca juga: Cara Reschedule Tiket Kereta Api via Access by KAI

Baca juga: Cara Batalkan Tiket Kereta, Cek Syarat dan Ketentuannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com