Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Bentrok Antarpendukung Paslon, KAI "Perkuat" Pengamanan Jelang Pemilu 2024

Kompas.com - 12/02/2024, 22:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengintensifkan upaya pengamanan di area perkeretaapian jelang masa pemilihan umum (pemilu) 2024 yang akan berlangsung pada Rabu, 14 Februari 2024.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, upaya pengamanan ini dilakukan untuk memastikan keselamatan penumpang dan kelancaran operasional kereta api.

"KAI secara aktif bekerja sama dengan TNI/Polri untuk meningkatkan pengawasan dan optimalisasi pengamanan di kereta api, stasiun-stasiun, serta jalur kereta api dan perlintasan sebidang," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (12/2/2024).

Lebih lanjut dia menjelaskan, pengamanan di dalam kereta api dilakukan melalui para petugas yang berjaga agar penumpang tidak terganggu kenyamanannya oleh penumpang lain.

Selain itu, pihaknya juga melakukan antisipasi potensi bentrok antarpendukung yang bersamaan naik kereta api.

Baca juga: Jelang Pemilu 2024, Penumpang Kereta Api ke Bandung, Solo, hingga Surabaya Meningkat

Sementara untuk pengamanan di stasiun-stasiun, KAI melakukan antisipasi di titik-titik kumpul pemberangkatan pendukung peserta pemilu. Antisipasi juga dilakukan untuk vandalisme terhadap stasiun dan kereta api.

"Pelaksanaan pengamanan di stasiun dilakukan sesuai SOP serta menggunakan metal detector dan inspector mirror di stasiun-stasiun tertentu," ucapnya.

Sementara optimalisasi pengamanan jalur kereta api dilakukan dengan menugaskan patroli mobile sepanjang lintas jalur kereta api. Bersamaan dengan itu juga dilakukan antisipasi pelemparan terhadap kereta api.

Baca juga: KAI Terapkan Sistem War Tiket Kereta Api seperti Konser

Keamanan perlintasan sebidang

Pada pengamanan di perlintasan sebidang, KAI melakukan penempatan personel serta pemasangan peralatan dan rambu-rambu keselamatan di perlintasan yang rawan kecelakaan.

KAI juga bekerja sama dengan aparat kewilayahan dalam rangka penanganan keamanan dan keselamatan, serta penindakan dan penegakan hukum terhadap pelaku pelanggaran di perlintasan sebidang.

"Upaya peningkatan pengamanan ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bagi seluruh pelanggan selama periode Pemungutan suara, sehingga perjalanan menggunakan kereta api tetap menjadi pilihan transportasi yang aman dan efisien," tuturnya.

Kendati demikian, Joni memastikan, sejauh ini seluruh aktivitas layanan perkeretaapian berjalan lancar dan tidak ada kendala yang berkaitan dengan kegiatan menjelang masa pemungutan suara Pemilu 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com