Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Nikel, Jokowi Yakin Mobil Listrik Jadi Masa Depan Industri Otomotif Indonesia

Kompas.com - 15/02/2024, 12:09 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut mobil listrik menjadi masa depan industri otomotif Indonesia. Pasalnya, Indonesia memiliki sumber daya alam (SDA) nikel yang menjadi bahan baku baterai mobil listrik.

Dikutip dari Kompas.id, Indonesia merupakan negara dengan produksi bijih nikel tertinggi di dunia, berdasarkan data United State Geological Survey (USGS) dan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Produksi bijih nikel Indonesia sekitar 1,6 juta ton pada 2022. Jumlah itu terpaut jauh dengan Filipina yang menduduki peringkat kedua dunia dengan produksi sekitar 330.000 ton, dan Rusia di peringkat ketiga dengan produksi 220.000 ton.

Baca juga: Tom Lembong Sebut Hilirisasi Nikel di Indonesia Terlalu Dipaksakan

"Saya kira ini memang masa depan otomotif Indonesia ini memang ada di mobil listrik karena kita memiliki bahan baku nikel dan yang lainnya," ujarnya saat menghadiri acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (15/2/2024).

Pada pameran IIMS 2024 ini, mayoritas mobil yang dipamerkan merupakan mobil listrik. Hal ini menunjukkan Indonesia menjadi negara potensial untuk industri mobil listrik.

Oleh karenanya, pemerintah berupaya agar industri mobil listrik di Indonesia dapat berkembang, salah satunya melalui pemberian insentif kendaraan listrik seperti insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP).

Dengan insentif-insentif ini, pemerintah akan mendorong agar penjualan kendaraan listrik di Indonesia dapat meningkat.

Kemudian hal ini akan menarik minat investor untuk mendirikan pabrik kendaraan listrik di Indonesia sehingga Indonesia dapat memproduksi kendaraan listrik di dalam negeri.

"Biar kita nanti bisa bersaing dengan negara-negara lain. Kalau semua local content sudah, baterainya sudah, saya kira kita akan kita lihat nanti kita bisa bersaing dengan negara lain," ucapnya.

"Semuanya akan kita dorong tujuannya agar semuanya berproduksi di indonesia. EV semua merek berproduksi di indonesia karena kita punya kekuatan EV baterai," sambungnya.

Baca juga: Peta Hilirisasi Nikel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com