Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Layanan Umrah dan Haji, Anak Usaha BPKH Investasi Katering dan Kontrak Hotel di Saudi

Kompas.com - 16/02/2024, 09:00 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usaha Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), yakni BPKH Limited, melakukan investasi katering dan hotel di Arab Saudi untuk masuk dalam ekosistem layanannya. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan layanan ibadah umrah dan haji jemaah Indonesia.

Upaya meningkatkan kualitas layanan haji dan umrah oleh BPKH Limited tersebut dilakukan melalui Quick Win Project.

Untuk itu proyek tersebut, BPKH Limited telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (DJPHU) Kementerian Agama, serta menjalin kemitraan dengan para tenant, supplier, importir, dan agregator.

Kerja sama tersebut diteken di Jakarta, Kamis (15/2/2024).

"Kami berharap ke depannya jemaah haji Indonesia tidak hanya menyewa dari Kemenag hotel-hotel yang selama ini dimiliki para pemilik hotel di Saudi, namun juga insya Allah hotel-hotel itu akan menjadi bagian dari ekosistem haji, terutama investasi BPKH," kata Kepala BPKH, Fadlul Imansyah, melalui keterangannya, Kamis (15/2/2024).

Baca juga: BPKH Ajak Masyarakat Menabung sejak Dini untuk Berangkat Haji

Fadlul mengatakan, dengan kerja sama tersebut, investasi BPKH tidak hanya menghasilkan return yang optimal, namun juga menghadirkan pelayanan yang lebih baik dari sisi penyelenggaraan dan operasional haji ke depan.

Kedua, dengan Quick Win Project, akan menambah Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) hingga 30 persen untuk konsumsi jemaah haji. Membawa produk nusantara dan kuliner asli Indonesia ke tanah suci, akan memberi rasa nyaman bagi jemaah sekaligus menguntungkan pengusaha nasional.

"Kami akan menjadi bagian dari penyediaan katering tersebut. Mudah-mudahan ini akan memberikan nuansa yang lebih baik bagi calon jemaah haji Indonesia agar merasa seperti di rumah sendiri," harap Fadlul.

Ketiga, melalui kedua investasi ini Fadlul berharap, Indonesia bisa mendapat keuntungan dari capital outflow haji yang mencapai Rp 20 triliun per tahun.

"BPKH berharap uang yang kita keluarkan Rp 20 triliun untuk operasional haji di Saudi, ada yang kembali ke Indonesia dalam bentuk hasil investasi maupun laba yang diciptakan dari investasi di sektor akomodasi dan catering," katanya.

Baca juga: BPKH Targetkan Bank Muamalat Punya Aset Rp 100 Triliun di 2024

"Pilot project" kontrak hotel

Mudir/Pengurus BPKH Limited Sidiq Haryono mengungkapkan target BPKH Limited untuk mengontrak minimal satu hotel, masing-masing di kota suci Mekkah dan Madinah.

"Untuk pilot project minimal ada satu hotel di Mekah yang dekat dari haram dan satu hotel di Madinah. Kita ingin berkontrak selama lima tahun full year, jadi tidak musiman," ujar Sidiq.

Nantinya hotel yang disewa akan dibranding ulang oleh BPKH Limited untuk digunakan seluruh jemaah Indonesia.

"Kami akan branding hotel tersebut dengan branding BPKH Limited, lalu berkolaborasi agar hotel ini bisa dimanfaatkan seluruh pelaku industri umroh dengan harga yang lebih efisien daripada sekarang," ujarnya.

Ditargetkan hotel BPKH Limited sudah bisa digunakan mulai musim haji tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com