Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepanjang 2023, ASDP Layani 45,6 Juta Penumpang Ferry di 37 Pelabuhan Se-Indonesia

Kompas.com - 17/02/2024, 12:00 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang 2023 PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) melaporkan telah melayani sekitar 45,6 juta penumpang kapal ferry di 37 pelabuhan kelolaannya dari Sabang sampai Merauke.

Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi menuturkan, jumlah tersebut merupakan total muatan seluruh kapal yang beroperasi di 37 pelabuhan ASDP seluruh Indonesia, baik pejalan kaki maupun penumpang, yang berada di dalam berbagai golongan kendaraan.

Kemudian, dari total 45,6 juta penumpang tersebut, tercatat dominasi penumpang kendaraan roda empat golongan IV A atau kendaraan pribadi yang mencapai 14,4 juta atau setara 35,4 persen dari keseluruhan.

"Hasil pantauan di lapangan, pergerakan masyarakat di Tanah Air terus meningkat. Dimana masyarakat banyak yang melakukan perjalanan liburan melalui jalur darat bersama keluarga, yang kemudian naik kapal ferry menuju kampung halamannya, dan juga berbagai kota dengan destinasi wisata pilihan," kata Ira melalui keterangan pers, Sabtu (17/2/2024).

Baca juga: ASDP Layani 162.554 Penumpang dari Jawa ke Sumatera Selama Libur Imlek 2024

Data ASDP menunjukkan, peningkatan trafik kendaraan dan penumpang yang menggunakan kapal penyeberangan terjadi sejak layanan Angkutan Lebaran Tahun 2022 atau pascapandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak 2020.

Setelah kendaraan golongan IVA atau kendaraan pribadi, peningkatan diikuti
penumpang kendaraan golongan VI A atau kendaraan pribadi dengan panjang 7-10 meter yang tercatat sebesar 24,1 persen dari total keseluruhan atau sebanyak 9,7 juta penumpang.

Adapun penumpang kendaraan golongan V atau kendaraan barang dengan panjang 5-7 meter menyumbang 4,3 juta penumpang dan disusul ketat oleh penumpang kendaraan roda dua golongan II sebesar 4 juta penumpang sepanjang tahun 2023.

Baca juga: ASDP Soroti Masalah Sampah Plastik di Laut

Aplikasi Ferizy

ASDP mencatat sepanjang tahun 2023 pengguna Ferizy naik 32 persen atau sebanyak 655.951 pengguna dari tahun sebelumnya.

Dengan peningkatan tersebut, hingga Februari 2024 tercatat jumlah pengguna Ferizy sejumlah 2 juta pengguna .

“Dengan keberadaan Ferizy, antrean kendaraan baik di jalan arah masuk maupun dari dalam pelabuhan saat golden time berhasil berkurang signifikan karena pengguna jasa telah memilih jadwal tiket tersedia sesuai kebutuhan sehingga memungkinkan mereka untuk mengatur jadwal keberangkatan dari titik asal,” ujar Ira.

Ira menambahkan bahwa seiring dengan peningkatan jumlah penumpang kapal dan pengguna Ferizy maka ASDP akan terus mengembangkan serta menguatkan sistem aplikasi sebagai komitmen ASDP dalam melakukan transformasi dan inovasi layanan digital.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com