Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indeks Harga Perdagangan Besar Naik 0,73 Persen, Tertinggi di Pertanian

Kompas.com - 01/03/2024, 13:09 WIB
Filipi Jhonatan Partogi Situmorang,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan kenaikan Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) secara nasional pada Februari 2024. Tercatat IHPB naik 0,73 persen secara bulanan (month to month/mtm) pada Februari 2024.

“Pada Februari 2024, Inflasi Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) umum nasional, secara month to month adalah sebesar 0,73 persen, sementara secara year on year (tahunan) adalah 3,23 persen,” jelas Deputi Bidang Statistik Produksi BPS M Habibullah dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (1/3/2024).

Perubahan ini mencerminkan dinamika ekonomi dalam berbagai sektor. Perkembangan inflasi IHPB menurut sektor menunjukkan adanya kenaikan inflasi baik secara bulanan maupun tahunan di seluruh sektor.

Baca juga: BPS: Indeks Harga Perdagangan Besar Tumbuh 3,72 Persen

Ilustrasi petani, sektor pertanian. SHUTTERSTOCK/CYRSIAM Ilustrasi petani, sektor pertanian.

Secara bulanan dan tahunan, sektor pertanian mencatat kenaikan terbesar.

“Kenaikan terbesar terjadi pada sektor pertanian sebesar 1,3 persen. Secara year on year, sektor pertanian kembali menjadi yang terbesar dengan kenaikan sebesar 7,15 persen,” tambahnya.

Perubahan ini tercermin pada Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) Umum Nasional yang mencapai 118,60 pada Februari 2024, naik 3,23 persen dari tahun sebelumnya.

Sektor pertanian mencatat kenaikan tertinggi sebesar 7,15 persen, sementara sektor industri naik sebesar 2,38 persen, dan sektor pertambangan serta penggalian naik sebesar 0,61 persen.

Baca juga: Ditopang Harga Batu Bara, Indeks Harga Perdagangan Besar Naik 0,32 Persen

Perubahan Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) menjadi indikator penting dalam memahami dinamika ekonomi Indonesia. Kenaikan inflasi dapat memengaruhi daya beli masyarakat serta mempngaruhi kebijakan ekonomi yang diterapkan oleh pemerintah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com