Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Pemanfaatan Gas Domestik, Ini Tiga Strategi PGN

Kompas.com - 01/03/2024, 15:12 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Subholding Gas PT Pertamina (Persero), PT Perusahaan Gas Negara Tbk atau PGN (kode saham PGAS), berupaya terus mendorong pemanfaatan gas bumi domestik melalui tiga strategi. Ketiganya yakni Grow, Adapt & Step out (GAS).

Direktur Utama PGN Arief Setiawan Handoko mengatakan, pihaknya telah mengambil peran yang dominan untuk menjadikan gas bumi sebagai salah satu sumber energi utama, khususnya pada era transisi energi di Indonesia.

Salah satu peran yang dijalankan yakni menyalurkan gas bumi dari berbagai sumber pasokan di wilayah-wilayah Indonesia kepada banyak segmen konsumen yang tersebar dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

Segmen pasar PGN antara lain sektor-sektor strategis, seperti kelistrikan, pupuk dan petrokimia. Kemudian, aneka industri mulai dari yang kelas UMKM hingga industri besar, serta segmen rumah tangga melalui jaringan gas (jargas).

Untuk itu, lanjut Arief, Grow, Adapt & Step out (GAS) menjadi strategi PGN dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis energi yang sangat dinamis.

Baca juga: Transisi Energi Berpotensi Buka 3,2 Juta Lapangan Pekerjaan Baru

Strategi Grow

Strategi pertama, Grow, di mana PGN akan terus memperkuat dan menumbuhkan layanan bisnis yang ada saat ini untuk memastikan setiap layanan kepada pelanggan berlangsung prima dan mampu mendorong kinerja perusahaan terus tumbuh positif.

“PGN berupaya untuk merealisasikan target pertumbuhan panjang infrastruktur gas bumi nasional dengan penambahan 11.000 km di 2034," kata Arief melalui keterangan pers, Jumat (1/3/2024).

Infrastruktur gas yang sudah dibangun misal proyek pipa minyak Rokan.

Arief bilang, PGN tahun ini juga berencana akan berpartisipasi dalam membangun infrastruktur pipa Cikampek - Plumpang.

Kemudian, seiring dengan banyaknya perusahaan besar yang beralih ke gas, PGN juga turut membantu proses transisi energi menuju net zero emisi.

Selanjutnya, PGN juga terus memperluas jaringan gas (jargas) bagi rumah tangga. Pada tahun 2024, PGN menargetkan untuk membangun perluasan sambungan rumah tangga sebanyak 200.000 sambungan rumah tangga.

PGN juga sedang dalam tahap pembangunan proyek jargas di IKN sehingga ditargetkan pengguna jargas dalam setahun ke depan sudah mencapai 1 juta rumah tangga.

Baca juga: PGN Sosialisasikan “GasKu”, Bahan Bakar Ramah Lingkungan dan Ramah Kantong di IIMS 2024

Strategi Adapt

Strategi Adapt merupakan upaya PGN untuk adaptif terhadap berbagai perubahan bisnis dan terus mengoptimalkan setiap peluang yang tersedia di pasar.

Langkah inisiatif yang dilakukan PGN di antaranya adalah mengembangkan bisnis LNG sebagai salah satu sumber pasokan gas bumi bagi PGN.

Untuk mendukung penguatan bisnis LNG ini, PGN juga berinisiatif untuk membangun infrastruktur LNG di dalam negeri.

“Kami akan terus beradaptasi dengan lingkungan bisnis yang terus berubah, baik domestik maupun global. LNG akan menjadi salah satu fokus perusahaan mengingat di masa depan sumber utama gas domestik adalah LNG," kata Arief.

Baca juga: BPH Migas Akan Sesuaikan Tarif Dasar Jargas dengan Ekonomi Masyarakat

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com