Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mengelola Laporan Keuangan Bisnis untuk Keberhasilan Perusahaan

Kompas.com - 04/03/2024, 07:42 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam dunia bisnis yang kompetitif, mengelola laporan keuangan dengan efektif menjadi kunci utama keberhasilan perusahaan.

Laporan keuangan tidak hanya menjadi alat untuk memenuhi kewajiban perpajakan atau kebutuhan pihak eksternal, tetapi juga menjadi panduan internal bagi manajemen untuk membuat keputusan yang tepat.

Ada beberapa tips mengelola laporan keuangan yang bisa dilakukan saat membangun bisnis maupun usaha menurut founder Finfloo Arini Astari dalam keterangannya, Senin (4/3/2024).

Baca juga: Lima Tanda Sukses Mengelola Keuangan

Ilustrasi mengatur keuangan, mengelola keuangan. Unsplash Ilustrasi mengatur keuangan, mengelola keuangan.

Pertama, sebelum memulai proses pengelolaan laporan keuangan, pahami dengan jelas tujuan dari laporan tersebut. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menentukan informasi yang paling relevan dan diperlukan.

"Investasikan dalam sebuah akuntansi yang tepat untuk kebutuhan perusahaan Anda. Saat ini, aplikasi modern tidak hanya memudahkan pengelolaan laporan keuangan tetapi juga dapat mengurangi risiko kesalahan manusia," kata Arini.

Dengan fitur otomatisasi, Anda dapat menghemat waktu dan menghindari kekeliruan yang mungkin terjadi.

Kemudian, melibatkan tim keuangan yang terlatih dan terampil sangat penting dalam mengelola laporan keuangan. Pastikan tim Anda memiliki pengetahuan yang cukup dan selalu mengikuti perkembangan regulasi keuangan terkini.

Baca juga: 6 Tips Mengelola Keuangan bagi UMKM

"Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan Finfloo, layanan keuangan yang terpercaya. Finfloo mulanya bernama Moodah yang didirikan pada tahun 2020," jelas Arini.

“Berawal dari kepercayaan tersebut, pada tahun 2020 kami meluncurkan aplikasi pembukuan bernama Moodah. Aplikasi ini berhasil membantu lebih dari 70.000 pemilik usaha untuk mengenali keuntungan atau kerugian mereka," tutur dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com