BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Gojek

Mudahkan Pebisnis Bikin dan Tagih Invoice ke Pelanggan, Midtrans Tawarkan Layanan Berikut

Kompas.com - 04/03/2024, 14:41 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan finansial berbasis teknologi yang menghadirkan jasa payment gateway dan merupakan bagian dari GoTo Financial, Midtrans, memperkenalkan layanan terbarunya, yakni Midtrans Invoicing.

Layanan tersebut bisa menjadi solusi pengelolaan invoice secara otomatis untuk memudahkan pemilik usaha dalam melakukan penagihan ke pelanggan. Dengan demikian, pelaku usaha dapat benar-benar fokus mengembangkan bisnisnya.

Group Head of Merchant Services GoTo Financial Haryanto Tanjo menjelaskan latar belakang pihaknya menghadirkan Midtrans Invoicing. Hingga saat ini, kata dia, banyak pelaku usaha masih mengandalkan kuitansi atau faktur manual sebagai bukti pembayaran.

Selain tidak praktis secara administrasi operasional bisnis, hal tersebut juga menyulitkan pelaku usaha dalam melacak pembayaran.

Lewat Midtrans Invoicing, lanjutnya, pemilik usaha dapat memanfaatkan layanan invoice elektronik yang dilengkapi pengingat otomatis dan link pembayaran.

“Fitur ini membantu mempercepat penagihan invoice ke pelanggan sehingga arus kas perusahaan diharapkan lebih lancar dan operasional perusahaan menjadi lebih efisien,” ujar Haryanto dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Midtrans Invoicing, tambah Haryanto, dapat dimanfaatkan pelaku usaha di berbagai sektor, mulai dari usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), penyedia jasa, hingga distributor beragam produk.

“Penyedia jasa event organizer dapat menggunakan Midtrans Invoicing untuk pembayaran uang muka dan pembayaran penuh oleh klien. Bidang usaha lain seperti agen perjalanan dapat menggunakan Midtrans Invoicing untuk merilis invoice ke beragam klien sekaligus sesuai paket perjalanan yang dibeli,” jelas Haryanto.

Manfaat Midtrans Invoicing dirasakan oleh pemilik Campsite Indonesia, Valensio. Ia mengatakan, layanan Midtrans Invoicing membuat pengiriman dan pembayaran tagihan menjadi lebih mudah.

“Seluruh proses menjadi lebih mudah dengan Midtrans Invoicing. Sebelumnya, kami menggunakan tiga software untuk membuat satu invoice,” jelas Valensio.

Valensio menambahkan, timnya juga harus memasukkan seluruh detail penagihan ke dalam aplikasi spreadsheet. Kemudian, timnya harus membuat payment link untuk setiap invoice dan mengirimkannya melalui pos kepada setiap klien.

Setelah itu, tim Campsite Indonesia harus menggunakan spreadsheet lagi untuk mendata setiap pembayaran. Mereka juga perlu mengingatkan klien-klien secara manual lewat aplikasi chat untuk menagih pembayaran.

Metode konvensional tersebut, diakui Valensio, kerap membuat bisnisnya merugi lantaran banyak sistem yang mesti dijalani.

“Kami sering kali lupa untuk mengingatkan jika ada keterlambatan pembayaran. Akhirnya, berdampak kepada pemasukan perusahaan. Dengan memanfaatkan Midtrans Invoicing, saya dan pelaku usaha lain kini bisa mengelola bisnis lebih praktis dan efisien,” ucapnya.

Baca juga: GoPay Kembali Raih Penghargaan sebagai Mitra Fintech Zakat Terbaik Baznas

4 keunggulan Midtrans Invoicing

Midtrans Invoicing memiliki empat keunggulan yang membuat Valensio mudah dan efisien dalam mengelola bisnisnya.

1. Membuat invoice secara otomatis

Midtrans Invoicing bisa membuat invoice serta rekonsiliasi pembayaran secara otomatis.

Invoice yang dibuat pun memiliki tampilan lebih profesional sesuai. Pelaku usaha bisa mengatur sendiri tampilannya serta menempatkan logo usaha.

Form invoice juga menyediakan semua item yang dibutuhkan pelaku usaha mulai dari daftar pembelian hingga perhitungan diskon.

2. Terima pembayaran lebih cepat dan tepat

Midtrans Invoicing telah dilengkapi dengan pengaturan pengingat pembayaran otomatis untuk klien. Hal ini membuat pembayaran dapat diterima lebih cepat dan tepat.

Terkait pembayaran, Midtrans Invoicing menyediakan beragam pilihan pembayaran, mulai dari transfer bank, virtual account, hingga payment link untuk memfasilitasi pembayaran menggunakan kartu debit, kredit, dan Quick Response Indonesian Standard (QRIS).

Tak hanya itu, Midtrans juga telah bekerja sama dengan PT Multifinance Anak Bangsa untuk menyediakan layanan Invoice Financing.

Metode pembiayaan tersebut memungkinkan pelaku usaha mencairkan dana dari invoice lebih cepat dari termin pembayaran pelanggan.

Adapun dana dapat dicairkan dengan segera, bahkan sehari setelah tanggal pengajuan. Layanan ini juga hadir dengan biaya terjangkau.

3. Buat banyak invoice sekaligus dengan sistem API

Layanan Midtrans Invoicing juga dapat mempercepat pembuatan banyak invoice secara sekaligus melalui unggahan file berformat comma separated value (CSV).

CSV sendiri adalah format data untuk mempermudah pengguna dalam melakukan penginputan data ke data base secara sederhana.

Midtrans Invoicing juga menyediakan application programming interface (API) bagi tim developer di bisnis pemilik usaha. API ini bisa digunakan untuk mengintegrasikan proses invoicing dengan sistem akuntansi yang digunakan perusahaan.

4. Sentralisasi pemasukan dan pengeluaran dalam satu dasbor

Setelah pemilik usaha menerima dana lewat transaksi online, mereka dapat langsung menggunakan dana tersebut untuk pembayaran kebutuhan operasional usaha, mulai dari pembayaran vendor hingga gaji karyawan, tanpa harus melakukan penarikan terlebih dahulu.

Pasalnya, sistem pemasukan dan pengeluaran Midtrans Invoicing telah disentralisasi ke dalam satu dasbor.

Dengan begitu, pemilik usaha bisa lebih mudah dalam melakukan rekonsiliasi laporan dan pemantauan keseluruhan transaksi yang selalu update setiap saat.

Itulah empat keunggulan Midtrans Invoicing. Tertarik menggunakan layanan tersebut? Segera daftarkan bisnis Anda sekarang melalui laman berikut.

Tutorial konfigurasi invoicing di Dashboard Midtrans bisa ditonton di Youtube melalui tautan berikut.

Baca juga: Midtrans Dorong Pertumbuhan Usaha lewat Layanan Pembayaran Digital

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com