Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JR Connexion Rute PIK 2-Sedayu City Beroperasi, Simak Tarif dan Jam Operasionalnya

Kompas.com - 05/03/2024, 07:06 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jabodetabek Residence (JR) Connexion dari By The Sea Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Tangerang menuju ke Sedayu City, Jakarta Utara resmi beroperasi pada 4 Maret 2024.

PT Higer Maju Indonesia sebagai operator layanan JRC dengan Rute PIK 2-Sedayu City Kelapa Gading ini akan mengoperasikan 5 unit bus terdiri dari 3 unit diesel dan 2 unit listrik dengan tarif Rp 25.000.

Layanan JRC ini akan beroperasi sejak pukul 06.30 WIB dari PIK 1 dan 2 menuju Sedayu City Kelapa Gading. Rute sebaliknya akan mulai dilayani pada pukul 07.00 WIB dengan waktu layanan antar unit (headway) 1 jam.

Baca juga: Pendaftaran Mudik Gratis 2024 Bus dari Bulog Dibuka Besok, Simak Syarat dan Cara Daftarnya

Sekretaris Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Marta Hardisarwono mengatakan, layanan bus JR Connexion dengan rute PIK 2-Sedayu City Kelapa Gading ini merupakan bus JR Connexion pertama yang menggunakan tenaga listrik.

"Ini menjadi satu kemajuan dan nilai tambah bagi layanan yang diberikan kepada masyarakat sekaligus berdampak positif bagi lingkungan karena dengan menggunakan bus listrik ini dapat menekan emisi dan polusi di Jakarta," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (4/3/2024).

Kelebihan dari bus listrik yang digunakan ini adalah kapasitas baterainya yang mencapai 385 kilo watt hours (kWH).

Dengan baterai tersebut, Higer memiliki daya jelajah hingga 400 kilometer dan lama pengisian ulang baterai 2 jam.

Dia menjelaskan, pengembangan JR Connexion ini dilakukan BPTJ untuk menangani kemacetan secara berkelanjutan di wilayah Jabodetabek.

Pasalnya, jumlah pergerakan orang di Jabodetabek saat ini sebesar 88 juta orang per hari. Diharapkan, penggunaan angkutan umum sebesar 60 persen dari jumlah tersebut dapat menurunkan tingkat kemacetan.

"Dengan tersedianya JRC diharapkan dapat memindahkan kendaraan pribadi (roda 4 dan roda 2) ke angkutan umum massal yang bergerak dari kawasan permukiman," tuturnya.

Baca juga: Layanan Intermoda BRT Bus Listrik Bakal Tersedia di Stasiun Whoosh Tegalluar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com